feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Wanita Usia Subur Tidak Menggunakan Kontrasepsi Tubektomi

Gambaran Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Wanita Usia Subur Tidak Menggunakan Kontrasepsi Tubektomi:


Pengunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP), seperti Intra Uterine Devices (IUD). Implamt, Medis Operatif Pria (MOP) dan Medis Operatif Wanita (MOW) di provinsi Lampung masih sangat rendah, dimana prosentasenya hanya mencapai 1,11%. Dan untuk Kelurahan Kaliwungu Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah pada bulan Desember 2009 hanya ada satu akseptor, dan untuk Kecamatan Kalirejo hanya terdapat 3 akseptor tubektomi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang berhubungan dengan Wanita Usia Subur tidak menggunakan kontrasepsi tubektomi yang dilaksanakan di Kelurahan Kaliwungu Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah tahun 2010.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif guna menggambarkan tentang suatu keadaan secara objektif dengan populasi penelitian yaitu seluruh wanita usia subur di Kelurahan Kaliwungu  yang berjumlah 1295 orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 10% yaitu sejumlah 120 orang yang dipilih dengan tehnik simple random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan angket berupa kuisioner yang kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pendidikan wanita usia subur yang tidak menggunakan kontrasepsi tubektomi di Desa Kaliwungu adalah dengan pendidikan Dasar (56,67%), dengan tingkat ekonomi yang rendah (55,83%), dan dengan paritas primipara (48,33%).
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan Wanita Pasangan Usia Subur tidak menggunakan kontrasepsi tubektomi di Kelurahan Kaliwungu, secara umum adalah pendidikan dasar, ekonomi rendah dan paritas primipara. Dari kesimpulan tersebut maka dapat disarankan kepada instansi terkait untuk dapat meningkatkan proses sosialisasi guna meningkatkan pemakaian kontrasepsi tersebut .

Kata kunci : Faktor-faktor, WUS, Tubektomi

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar