feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Pengetahuan Wanita Usia 25-30 Tahun Tentang Pentingnya Konsumsi Kalsium Untuk Mencegah Osteoporosis

Gambaran Pengetahuan Wanita Usia 25-30 Tahun Tentang Pentingnya Konsumsi Kalsium Untuk Mencegah Osteoporosis:


Osteoporosis merupakan akibat dari kombinasi berkurangnya masa puncak tulang dan meningkatkan masa otot yang hilang. Masa puncak tulang biasanya dicapai pada usia 20-an dan tergantung pada faktor keturunan pada masa anak-anak dan remaja. Berdasarkan data Puslitbang Gizi Departemen Kesehatan Republik Indonesia, tahun 2007 penderita osteoporosis yang terdapat di Indonesia mencapai 19,7% dan berada di urutan ke-6 terbesar setelah Cina.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran pengetahuan wanita usia 25-30 tahun tentang pentingnya konsumsi kalsium untuk mencegah osteoporosis yang akan dilaksanakan di Desa Tulung Kakan Kecamatan Bumiratu Nuban Lampung Tengah tahun 2010.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif guna menggambarkan pengetahuan tentang pentingnya kalsium ddengan populasi penelitian yaitu seluruh wanita usia 25-30 tahun di Desa Tulang Kakan yang berjumlah 978 orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 98 orang yang dipilih secara acak dengan tehnik simple random sampling. Variabel yang diteliti adalah gambaran pengetahuan wanita usia 25-30 tahun dengan instrumen pengumpulan data angket berupa kuisioner yang kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar Pengetahuan Wanita Usia Subur umur 25-30 tahun tentang pentingnya kalsium untuk mencegah Osteoporosis di Desa tulung Kakan sebagian besar adalah Cukup (43,88%), kemudian baik (31,63%) dan yang terkecil adalah tidak baik (2,04%).
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa gambaran pengetahuan wanita usia 25-30 tahun tentang pentingnya konsumsi kalsium untuk mencegah osteoporosis di Desa Tulang Kakan tahun 2010, secara umum adalah dengan pengetahuan yang cukup. Dari kesimpulan tersebut maka dapat disarankan kpada para instansi terkait untuk dapat meningkatkan penyuluhan akan pentingnya manfaat Klasium untuk mencegah Osteoporosis, sehingga tingkat pengetahuan masyarakat dapat lebih baik.

Kata kunci : Pengetahuan, Kalsium, Osteoporosis

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar