feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Faktor yang Mempengaruhi Persalinan oleh Dukun Terlatih

Faktor yang Mempengaruhi Persalinan oleh Dukun Terlatih:


Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih tertinggi di ASEAN yaitu 307/100.000 Kelahiran Hidup (SDKI, 2002-2003).Tingginya angka kematian ibu dan bayi sebenarnya dapat dihindari karena sebagian terjadi pada saat pertolongan pertama sangat diperlukan. Kematian ibu dan bayi juga berkaitan dengan pertolongan persalinan oleh dukun. Pertolongan persalinan oleh dukun menimbulkan berbagai masalah dan penyebab kematian dan kesakitan ibu dan bayi karena dukun tidak dapat mengetahui tanda-tanda bahaya persalinan. 
Berdasarkan data dari puskesmas Waymuli pada tahun 2006 terdapat 2 kasus kematian ibu yang disebabkan oleh perdarahan dan 5 kasus kematian bayi yang disebabkan oleh asfiksia, premature, BBLR, dan hipotermi dimana 2 kasus kematian ibu dan 5 kasus kematian bayi tersebut persalinannya ditolong oleh dukun terlatih. Setelah dianalisa, 2 kasus kematian ibu dan 5 kasus kematian bayi yang ditolong oleh dukun terlatih ini adalah keluarga yang bertempat tinggal dekat dengan rumah dukun terlatih dan berpenghasilan rata-rata perbulan < 500.000; serta si ibu berpendidikan SD.Profil kesehatan Puskesmas Waymuli menunjukkan masih tingginya persalinan oleh dukun terlatih yaitu 37 % sedangkan persalinan oleh tenaga kesehatan 63% (target 80 %).Dari latar belakang di atas maka  dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persalinan oleh dukun terlatih di wilayah kerja Puskesmas Waymuli.
Subyek penelitian ini adalah ibu yang melahirkan pada tenaga kesehatan dan dukun terlatih pada tahun 2006 yang berjumlah 184 orang yang tersebar di 5 desa yaitu desa Sukaraja, Waymuli, Kunjir, Kerinjing dan Cugung. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan crossectional. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan alat bantu kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh antara jarak dengan persalinan oleh dukun terlatih karena x2 hitung = 44,343 > x2 tabel = 5,59 dengan tingkat kepercayaan 5 % dan ada pengaruh antara tingkat pendidikan dengan persalinan oleh dukun terlatih karena x2 hitung = 5,757 > x2 tabel = 5,59 dengan tingkat kepercayaan 5 %. Sedangkan tingkat ekonomi tidak mempengaruhi persalinan oleh dukun terlatih karena x2 hitung = 2,186 < x2 tabel = 5,59 dengan tingkat kepercayaan 5% .

Kata Kunci: Dukun terlatih, faktor yang mempengaruhi persalinan

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar