feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Pengetahuan ibu Nifas tentang PerawatanTali Pusat

Gambaran Pengetahuan ibu Nifas tentang PerawatanTali Pusat:


Infeksi sebagai penyebab kematian neonatal masih banyak dijumpai.  Infeksi ini termasuk tetanus neonatorum, sepsis, pnemoni.  Masih sekitar 12 negara dengan estimasi kasus neonatal tetanus yang tinggi termasuk di Indonesia. Proporsi kematian karena tetanus neonatorum hasil survei menunjukkan tertinggi diantara penyakit in-feksi (9,5%).  Case fatality rate tetanus sangat tinggi.   Pengobatannya sulit, namun pencegahan (imunisasi TT ibu hamil) merupakan kunci untuk menurunkan kematian ini, selain persalinan bersih dan perawatan tali pusat yang tepat.
Dari pre survey di Desa Gunung Keramat pada awal bulan Januari 2007 diketahui bahwa 30 dari 40 orang ibu nifas (75%) belum mengerti tentang perawatan tali pusat. Pada penelitian ini yang dijadikan populasi adalah 30 orang ibu nifas yang ada di Desa Gunung Keramat.
Penelitian ini adalah jenis deskriptif, dengan besar sampel 30 orang ibu nifas yang memiliki bayi dengan tali pusat yang belum lepas di Desa Gunung Keramat Ke-camatan Abung Semuli Lampung Utara. Analisa data menggunakan skor maksimal. Hasil analisa memperlihatkan bahwa pengetahuan ibu nifas tentang perawatan tali pusat adalah kurang yang berjumlah 14 orang (47%), baik 3 orang (10%) dan cu-kup sebanyak 13 orang (43%).

Kata Kunci : pengetahuan ibu nifas, perawatan tali pusat 

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar