feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Menarche pada Remaja Awal

Menarche pada Remaja Awal:


Masa remaja merupakan salah satu tahap dalam kehidupan manusia yang sering disebut sebagai masa pubertas yaitu masa peralihan dari anak-anak ke masa dewasa. Pada tahap ini remaja akan mengalami suatu perubahan fisik, emosional dan sosial sebagai ciri dalam masa pubertas. Dan dari berbagai ciri pubertas tersebut, menarche merupakan perbedaan yang mendasar antara pubertas pria dan pubertas wanita. Menarche adalah saat haid/menstruasi yang datang pertama kali yang sebenarnya merupakan puncak dari serangkaian perubahan yang terjadi pada seorang remaja putri yang sedang menginjak dewasa dan sebagai tanda bahwa ia sudah mampu hamil. Usia remaja putri saat mengalami menarche bervariasi lebar, yaitu antara usia 10-16 tahun, tetapi rata-rata pada usia 12,5 tahun. Statistik menunjukkan bahwa usia menarche dipengaruhi faktor keturunan, keadaan gizi dan kesehatan umum  (Sarwono, 2005).

Kesehatan seseorang yang optimal sangat dipengaruhi oleh gizi yang berasal dari makanan yang dikonsumsinya. Secara umum tujuan makan menurut ilmu kesehatan adalah untuk memperoleh energi yang berguna untuk pertumbuhan, mengganti sel-sel tubuh yang rusak, mengatur metabolisme tubuh, serta mencegah dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Zat-zat gizi dalam makanan harus diterima tubuh secara teratur dalam rangka mutu dan jumlah yang cukup, agar tercapai kesehatan yang optimal. Zat-zat gizi dari makanan yang dikonsumsi seseorang akan mempengaruhi pertumbuhannya. Kekurangan gizi atau keadaan gizi buruk pada masa bayi dan anak-anak terutama pada umur kurang dari lima tahun dapat berakibat lebih parah. karena pertumbuhan jasmani dan kecerdasan akan terganggu. pada tahap selanjutnya akan berpengaruh pada perkembangan. Perkembangan diartikan sebagai kemajuan fungsi atau kapasitas fisiologis badan atau organ tubuh (Sediaoetama, 2006)

Usia remaja putri saat mengalami menarche bervariasi, yaitu antara usia 10-16 tahun, tetapi rata-rata pada usia 12,5 tahun. Statistik menunjukkan bahwa usia menarche dipengaruhi faktor keturunan, keadaan gizi dan kesehatan umum (Sarwono, 2005). Haid pertama atau menarhe terjadi pada stadium lanjut dari pubertas dan sangat bervariasi pada  umur berapa masing-masing  individu,  rata-rata pada umur 10,5-15,5 tahun. Hal ini berkaitan dengan pacu tumbuh tinggi badan dan sangat erat hubungannya dengan terjadinya menarhe. (Soetjinigsih, 2004). Menarche menunjukkan terjadinya kematangan seksual. Urutan timbulnya sifat-sifat seksual sekunder bervariasi tetapi masih ada suatu regularitas. Pada anak wanita biasanya dimulai dengan penambahan ukuran garis tengah transversal dari pelvis, kemudian payudara membesar, terjadi pigmentasi dari puting susu, perubahan sekresi vagina menjadi asam. Segera sesudah itu mulai tumbuh rambut di pubis dan akhirnya tumbuh rambut ketiak. Menarche biasanya terjadi di antara dua kejadian terakhir tersebut dan biasanya diawali dengan pertumbuhan yang cepat sekali.

0 komentar:

Poskan Komentar