feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Senam Hamil

Senam Hamil:


Syarat Pelaksanaan Kelas Ibu 

  1. Sebagai pembicara adalah bidan yang sudah dilatih sebagai fasilitator 
  2. Waktu pelaksanaan paket kelas ibu di musyawarahkan bersama sehingga dapat dilaksanakan pada waktu yang tepat dan ibu hamil dapat hadir sesuai dengan jadwal yang disepakati. 
  3. Cara memberitahu ibu hamil tentang pelaksanaan kelas ibu harus jelas dilaksanakan berapa kali, waktu tidak lama dan tempatnya dimana. 
  4. Selalu memperhatikan jadwal, jangan sampai melelahkan ibu hamil 
  5. Materi yang disampaikan harus sesuai dengan skenario tepat dan jelas
  6. Pastikan ibu hamil mengerti tentang m ateri yang disampaikan dengan melakukan pengecekan pemahaman ibu. 
  7. Tempat pelaksaan sebaiknya dalam ruangan yang agak besar tentang cukup ventilasi dan tidak bising. 
  8. Tersedia ruang untuk senam hamil 

Manfaat Senam Ibu Hamil : 

  1. Ibu hamil ikut berperan aktif
  2. Dengan menggerakan otot pinggang serta tendon otot sehingga otot-otot pinggul dan pinggang serta tendon otot tersebut menjadi kuat dengan gerak jari kaki dan telapak kaki sehingga dapat menapang perut yang besar. 
  3. Mencegah rasa sakit pada pinggang karena janin yang tumbuh besar menyebabkan tubuh ibu mengarah kedepan sehingga pinggang ibu jadi sakit. 
  4. Saat melahirkan posisi ibu dengan setengah duduk dan setengah berbaring sehingga tidak ada beban pada tubuh ibu. 

Fisiologi senam 

  1. Awal terjadi peningkatan tekanan darah (TD) kemudian diikuti penurunan tekanan darah 
  2. Peningkatan curah jantung 
  3. Peningkatan frekuensi jantung  
  4. Peningkatan frekuensi pernapasan 
  5. Peningkatan suhu tubuh 
  6. Peningkatan warna kulit 
  7. Bila senam dilakukan terlalu berat kemungkian akan berkeringat palpitasi nyeri otot, kelelahan, nyeri, mual (Eileen Braxshaw 2007).

Kemungkinan manfaat tambahan bagi ibu hamil :
1. Mempertahankan/meningkatkan kebungaran kardiovaskuler
2. Mengatasi penambahan berat badan dan retensi lemak
3. Meningkatkan sikap dan status mental
4. Mengurangi kecemasan dan insomnia
5. Persalinan menjadi lebih lancar dan penyulit berkurang
6. Membantu mempercepat pemulihan pascanatal
7. Dapat menurukan tekanan darah diastolik
8. Dapat mencegah diabetes gestadional
9. Dapat mengurangi resiko LSCS pada wanita nulipara (Eileen Broxshaw 2007)

0 komentar:

Poskan Komentar