feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Metode Kontrasepsi Efektif Terpilih

Pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang Metode Kontrasepsi Efektif Terpilih:

Dalam hal pemakaian kontrasepsi Provinsi Lampung termasuk dalam kategori yang tinggi (71%) yaitu pada urutan kedua setelah Bengkulu (74%). Hal tercapai berkat Keberhasilan program KB dapat ditunjukkan dari beberapa indicator seperti pencapaian target KB baru, cakupan peserta KB Aktif terhadap PUS dan persentase peserta KB aktif Metoda Kontrasepsi Efektif Terpilih. Keluarga Berencana masih kurang dalam pengunaan Metode Kontrasepsi Efektif Terpilih (MKET). Bila dilihat dari cara pemakaian alat kontasepsi dapat dikatakan bahwa 51,21 % akseptor KB memilih Suntik sebagai alat kontrasepsi, 40,02 % memilih Pil, 4,93 % memilih Implant 2,72 % memilih IUD dan lainnya 1,11 %. Pada umumnya masyarakat memilih metode non MKET. Sehingga metode KB MKET seperti  Intra Uterine Devices (IUD), Implant, dan Medis Operatif Wanita (MOW) kurang diminati.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan WUS tentang Metode Kontrasepsi MKET di Desa Purwodadi Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu pada tahun 2010, dengan subjek penelitian adalah Wanita Usia Subur di Desa Purwodadi dan objek penelitian pengetahuan tentang MKET.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi adalah seluruh Wanita Usia Subur di Desa Purwodadi berjumlah 762 orang dan pengambilan sampel sebesar 10% dari total populasi dengan tehnik simple random sampling sehingga sampel yang diambil sebanyak 76 orang. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan alat ukur berupa kuisioner untuk mengukur pengetahuan WUS. 
Hasil penelitian serta kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan Wanita Usia Subur Tentang MKET di Desa Purwodadi sebagian besar adalah dengan pengetahuan cukup sebanyak 43 orang WUS (56,58%), kurang sebanyak 21 orang (27,63%), baik sebanyak 10 orang (13,16) dan paling sedikit pengetahuan tidak baik sebanyak 2 orang WUS (2,63%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah gambaran pengetahuan Wanita Usia Subur tentang Metode Kontrasepsi Efektif Terpilih di Desa Purwodadi Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu Tahun 2010 adalah dengan pengetahuan cukup.

Kata Kunci : Pengetahuan tentang MKET, Wanita Usia Subur

0 komentar:

Poskan Komentar