feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Pengetahuan Siswa tentang Bahaya Merokok

Pengetahuan Siswa tentang Bahaya Merokok: Kebiasaan merokok di negara maju ada kecenderungan menurun sekitar 1,1% pertahun. Negara berkembang kebiasaan merokok ada kecenderungan meningkat 2,1% pertahun. Penelitian di jakarta menunjukkan bahwa 64,8% pria dan 9,8% wanita dengan usia di atas 13 tahun adalah perokok. Bahkan pada kelompok remaja 49% pelajar pria dan 8,8% pelajar wanita sudah merokok. (http//www.republikonline.com, 2003). Merokok dapat mengganggu kesehatan tubuh karena dapat menimbulkan penyakit seperti kardiovaskuler dan kanker, baik kanker paru-paru, esofagus, laring, dan rongga mulut yang disebabkan oleh komponen dan zat-zat yang berbahaya dalam rokok seperti karbon monoksida, tar dan nikotin. (http//www.depkes.ri.com, 2004).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan siswa kelas II mengenai bahaya rokok di SMA Negeri 2 Metro.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II di SMA Negeri 2 Metro. Objek penelitiannya adalah pengetahuan siswa kelas II mengenai bahaya rokok. Populasinya adalah 208 siswa kelas II di SMA Negeri 2 Metro. Besarnya sampel adalah 52 siswa yaitu 25% dari jumlah populasi. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik random sampling
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu mengambarkan pengetahuan siswa kelas II di SMA Negeri 2 Metro mengenai bahaya rokok. Pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik angket dan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis univariat.
Hasil penelitian ini adalah : 1) Pengetahuan siswa kelas II mengenai pengertian rokok termasuk dalam kategori baik, yaitu 77,3%. 2) Pengetahuan siswa kelas II mengenai kandungan zat-zat yang berbahaya dalam rokok termasuk dalam kategori baik, yaitu 79,6%. 3) Pengetahuan siswa kelas II mengenai bahaya rokok terhadap kesehatan termasuk dalam kategori cukup, yaitu 62,2%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan siswa kelas II mengenai bahaya rokok secara keseluruhan termasuk dalam kategori cukup, yaitu 73%, hal ini disebabkan karena sudah banyak informasi baik dari televisi, majalah, koran, tabloit, kebiasaan orang dan pengalaman yang dapat diperoleh siswa, sehingga hal ini dapat menjadi bekal yang baik bagi mereka dalam menjaga kesehatan.

Kata Kunci : Pengetahuan siswa, Bahaya Rokok


DAFTAR ISI:
BAB I .PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Ruang Lingkup
E. Manfaat Penelitian

BAB II.TINJAUAN PUSTAKA
A. Variabel Penelitian
1. Rokok
2. Pengetahuan
B. Kerangka Konsep
C. Definisi Operasional

BAB III.METODE PENELITIAN
A. Jenis dan Rancangan Penelitian
B. Lokasi Penelitian
C. Populasi dan Sampel
1. Populasi
2. Sampel
D. Variabel penelitian
E. Pengukuran Variabel Penelitian
F. Analisa Data

BAB IV.HASIL PENELITIAN
A. Gambaran Umum SMA
B. Hasil Penelitian
C. Pembahasan

BAB V.KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS .......
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI DI SINI >>>>>

0 komentar:

Poskan Komentar