feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Pengetahuan Ibu Menyusui tentang Cara Menyusui

Pengetahuan Ibu Menyusui tentang Cara Menyusui:


Menyusui adalah suatu proses alamiah. Berjuta-juta ibu diseluruh dunia berhasil menyusui bayinya tanpa pernah membaca buku tentang ASI bahkan ibu yang buta hurufpun dapat menyusui anaknya dengan baik.
Seorang ibu dan bayi pertamanya mungkin akan mengalami berbagai masalah hanya karena tidak mengetahui cara-cara yang sebenarnya. Sangat sederhana seperti menaruh bayi pada payudara ketika menyusui. Isapan yang mengakibatkan puting terasa nyeri dan masih banyak lagi masalah lain
Dari hasil prasurvey terhadap 58 ibu yang memiliki bayi yang berumur 0-2 tahun di Desa Sidodadi Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur didapatkan ibu yang mengalami puting lecet, payudara bengkak, bendungan payudara, dan mastitis.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahun ibu menyusui tentang Cara menyusui tanda bayi cukup ASI, keunggulan ASI dan masalah-masalah yang terjadi jika cara menyusui tidak benar di Desa Sidodadi Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur tahun 2007.
Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif subjek penelitiannya ibu yang memiliki bayi umur 0-2 tahun di desa Sidodadi Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur. Sedangkan objeknya adalah pengetahuan ibu menyusui tentang cara menyusui. Sedangkan sampelnya 40 responden.
Alat pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner yang terdiri dari 5 sub pertanyaan yaitu pengertian ASI, cara menyusui tanda bayi cukup ASI, keunggulan ASI dan masalah-masalah yang terjadi jika cara menyusui tidak benar. Hasil penelitian menunjukan dari 35 orang responden didapatkan hasil sebagai berikut: berpengetahuan baik 7 orang (20%), berpengetahuan cukup 26 orang (74,29%), berpengetahuan kurang 2 orang (5,71%).

Kata kunci: Pengetahuan tentang cara menyusui, ibu menyusui

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



0 komentar:

Poskan Komentar