feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Pengetahuan Ibu Hamil tentang Anemia dan Tablet Fe

Pengetahuan Ibu Hamil tentang Anemia dan Tablet Fe:


Angka Kematian Ibu (AKI) di Indonesia masih relatif tinggi dibandingkan dengan negara-negara di ASEAN. Salah satu dari beberapa faktor penyebab tidak langsung kematian ibu adalah anemia. Diketahui bahwa 60% angka kematian ibu akibat kehamilan terjadi setelah persalinan dan 50% kematian nifas terjadi dalam 24 jam pertama. Hasil SKRT profil kesehatan Lampung (2005) prevalensi anemia  di Indonesia 70%, prevalensi anemia di Lampung 88,5%. Di Puskesmas Sumbersari Bantul jumlah ibu hamil yang melakukan pemeriksaan kehamilan dari bulan Januari-Desember 2006 yaitu 207 orang (67,6%), dari 306 kunjungan ibu hamil. Yang mendapat tablet Fe 45%, yang menderita anemia 61%. Kunjungan ib hamil bulan Januari-April 2007 berjumlah 64 orang, Untuk bulan Mei 2007 berjumlah 20 Orang
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif bertujuan untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil tentang anemia dan tablet Fe. Penelitian ini dilakukan terhadap 20 responden yang melakukan pemeriksaan kehamilan di Puskesmas Sumbersari Bantul pada bulan Mei 2007. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dengan instrumen kuesioner dan analisa data menggunakan skor maksimal. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengetahuan ibu hamil tentang Anemia yang Berpengetahuan Baik sebanyak 8 orang  (40%) berpengetahuan berpengetahuan cukup sebanyak 9 orang (45%) dan  3 orang (15%) berpengetahuan kurang. Sedangkan Pengetahuan ibu hamil tentang tablet Fe yang Berpengetahuan Baik sebanyak 5 orang (25%), Berpengetahuan Cukup sebanyak 10 orang (50%), dan Berpengetahuan kurang sebanyak 5 orang (25%). 

Kata Kunci: Pengetahuan tentang anemia dan tablet Fe, ibu hamil

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar