feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Pengetahuan dan Sikap Bidan Terhadap Aplikasi Partograf

Pengetahuan dan Sikap Bidan Terhadap Aplikasi Partograf:


Partograf dapat dianggap sebagai "sistim peringatan awal", yang akan membantu pengambilan keputusan lebih awal kapan seorang ibu harus dirujuk, dipercepat atau diakhiri persalinannya. Dampak dari tidak digunakannya partograf dalam persalinan antara lain dapat menyulitkan bidan dalam mendeteksi secara dini masalah dan penyulit dalam persalinan. Data Dinas Provinsi Lampung tahun 2009 jumlah bidan yang mengikuti Pelatihan Asuhan Persalinan Normal (APN) sebanyak 1.298 orang, sedangkan di Bandar Lampung berjumlah 166 orang (12,78 %), dan diketahui bidan yang menggunakan partograf baru mencapai 74 % dari target 90,16 % (123 bidan). Hasil presurvey terhadap 10 Bidan diperoleh hasil bahwa 9 orang (90%) bidan mengetahui mengenai partograf tapi tidak mengerjakan catatan persalinan berupa partograf.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui pengetahuan, dan sikap bidan terhadap aplikasi partograf di Puskesmas Sendang Agung dan Puskesmas Payungrejo Kabupaten Lampung Tengah.
Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan tujuan utama untuk membuat gambaran/deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif dengan populasi seluruh bidan yang berada di puskesmas Payungrejo dan Sendang Agung yang berjumlah 35 orang bidan yang keseluruhannya dijadikan sampel (total sampling). Pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi, analisa univariat menggunakan rumus distribusi frekuensi dan persentase.
Hasil penelitian diperoleh bahwa pengetahuan bidan tentang partograf sebagian besar dengan pengetahuan yang baik yaitu 62,86%, dengan sikap bidan terhadap partograf yang mendukung yaitu 74,29%, dan aplikasi penggunaan partograf sebagian besar kurang baik yaitu 91.43%.
Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa pengetahuan bidan di Puskesmas Sendang Agung dan Puskesmas Payungrejo tentang partograf adalah baik, sikap yang mendukung namun dengan aplikasi yang kurang baik. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan kepada para bidan untuk lebih memperhatikan upaya pendokumentasian pertolongan persalinan menggunakan partograf.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Aplikasi, Bidan, Partograf.
Daftar Bacaan : 20 (1998-2010)

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



0 komentar:

Poskan Komentar