feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Pengetahuan dan Aplikasi Mahasiswa Tk. II tentang partograf

Pengetahuan dan Aplikasi Mahasiswa Tk. II tentang partograf:


Partograf merupakan alat bantu untuk membuat keputusan klinik, memantau, mengevaluasi dan menatalaksana persalinan Sebagian besar penyebab kematian dapat dicegah dengan penanganan yang adekuat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan petugas kesehatan dalam menolong persalinan. Partograf dapat digunakan untuk mendeteksi dini masalah dan penyulit dalam persalinan sehingga dapat sesegera mungkin menatalaksana masalah tersebut atau merujuk ibu dalam kondisi optimal. Instrumen ini merupakan salah satu komponen dari pemantauan dan penatalaksanaan proses persalinan secara lengkap.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan dan aplikasi mahasiswi tingkat II AKBID Wira Buana Metro tentang Partograf. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswi tingkat II AKBID Wira Buana Metro yang berjumlah 60 mahasiswi dan objek penelitian ini adalah pengetahuan dan Aplikasi mahasiswi tingkat II AKBID Wira Buana Metro tentang partograf.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan alat bantu kuisioner berupa pertanyaan bentuk multiple choice dan soal aplikasi.
Hasil penelitian dengan kuisioner berupa multiple choice menunjukkan bahwa 15 responden (25%) masuk dalam kategori baik, 29 responden (48,33%) dalam kategori cukup, 15 responden (25%) dalam kategori kurang, dan 1 responden (1,66%) masuk dalam kategori kurang sekali. Hasil Penelitian dengan kuisioner berupa soal aplikasi menunjukan bahwa 29 responden (46,66%) masuk dalam kategori baik, 6 responden (10%) masuk dalam kategori cukup, 2 responden (3,33%) masuk dalam kategori kurang, dan 23 responden (38,33%) masuk dalam kategori kurang sekali.
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa rata-rata pengetahuan mahasiswa Tingkat II Akbid Wira Buana Metro tentang partograf dengan tipe soal multiple chois termasuk dalam kategori cukup dengan kemampuan menjawab 66,25% dan rata-rata pengetahuan mahasiswa tentang partograf dengan tipe soal aplikasi masuk dalam kategori cukup dengan kemampuan menjawab 68,92%.

Kata kunci : Pengetahuan, partograf

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar