feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Pengaruh Perawatan Rooming-in terhadap Produksi ASI pada Ibu Postpartum

Pengaruh Perawatan Rooming-in terhadap Produksi ASI pada Ibu Postpartum:


Menyusui  merupakan  suatu  proses  yang  alami  namun  ibu  postpartum  sering mengeluhkan  masalah dalam menyusui. Masalah yang sering dikeluhkan para ibu adalah suplai ASI yang kurang, padahal ASI diproduksi berdasarkan permintaan bayi. Semakin  sering  bayi  menyusu,  payudara  akan  memproduksi  ASI  lebih  banyak, dengan   melaksanakan   perawatan   rooming-in   maka akan   memungkinkan   ibu menyusui bayinya kapan saja bayi menginginkannya.
Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengidentifikasi  pengaruh  perawatan  rooming-in terhadap produksi ASI pada ibu postpartum. Desain penelitian yang digunakan adalah deskripsi   korelasi.   Jumlah   sampel   yang   diteliti   sebanyak   30   orang   dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil analisa data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan persentase.
Berdasarkan analisa statistik korelasi Spearman diperoleh kekuatan korelasi r = 0,000 yang  berarti  tidak  ada  korelasi/hubungan  antara  perawatan  rooming-in  terhadap produksi ASI dan nilai  signifikansi (p) = 1,000 menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi/hubungan yang bermakna  antara  perawatan rooming-in terhadap produksi ASI pada ibu postpartum. Dengan demikian hipotesa penelitian (Ha) ditolak artinya ada  pengaruh perawatan  rooming-in  terhadap  produksi  ASI  pada  ibu  postpartum gagal diterima. Tetapi jika dilihat dari data pelaksanaan perawatan rooming-in yang diperoleh, hal ini dapat diakibatkan oleh waktu pelaksanaan perawatan rooming-in yang  sebagian  besar  tidak  sesuai  dengan  konsep.  Untuk  penelitian  selanjutnya diharapkan untuk  memastikan dahulu apakah perawatan rooming-in yang dilakukan sudah sesuai dengan konsep.

Kata kunci : Rooming-in, produksi ASI, postpartum.

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



0 komentar:

Poskan Komentar