feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Karakteristik Pelaksanan Senam Lansia Di Posyandu

Karakteristik Pelaksanan Senam Lansia Di Posyandu:


Sesuai dengan bentuk pokok kesehatan nasional, maka pada prinsipnya penyelenggaraan upaya kesehatan usia lanjut dilakukan sebagai bagian dari kegiatan Puskesmas yang didukung oleh peran aktif masyarakat. Secara alami kelompok usia lanjut mengalami kemunduran fisik, biologik, mental maupun sosialnya. Senam adalah suatu bentuk kegiatan fisik yang memberikan pengaruh baik terhadap tingkat kemampuan fisik manusia bila dilaksanakan dengan tepat dan terarah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pelaksanaan senam lansia di Posyandu Lestari Desa Kalirejo Lampung Tengah ditinjau dari jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, pengetahuan.
Subyek penelitian ini adalah semua pelaksana senam lansia di Posyandu Lestari Desa Kalirejo Lampung Tengah tahun 2006 dengan sampel sebanyak 35 orang. Obyek pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total populasi atau sampel jenuh.Obyek penelitian ini adalah pelaksana senam lansia di Posyandu Lestari Desa Kalirejo Lampung Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total populasi atau sampel jenuh.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan “survey” dengan analisis kuantitatif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara menggunakan instrumen pengumpulan data kuesioner.data dikumpulkan dan diolah.
Hasil penelitian menunjukkkan bahwa : 1) Jenis kelamin pelaksana senam lansia yang terbayak adalah 29 orang (82,86%) dengan jenis kelamin perempuan, 2) Tingkat pendidikan pelaksana senam lansia yang terbanyak adalah 12 orang (34,29) dengan pendidikan SD, 3) Pekerjaan pelaksana senam lansia terbanyak adalah 13 orang (37,14) pelaksana dengan pensiunan, Tingkat pengetahuan pelaksana senam lansia yang terbanyak adalah 27 orang (77,14%) pelaksana dengan tingkat pengetahuan cukup. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa : Jenis kelamin pelaksana senam lansia lebih banyak diikuti oleh lansia dengan jenis kelamin perempuan, Tingkat pendidikan pelaksana senam lansia lebih banyak lansia dengan pendidikan SD, Pekerjaan pelaksana senam lansia sebagian besar diikuti oleh lansia dengan pensiunan, Tingkat pengetahuan pelaksana senam lansia lebih banyak dengan tingkat pengetahuan cukup.

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


0 komentar:

Poskan Komentar