feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Karakteristik ibu yang memeriksakan Pap Smear di Rumah Sakit

Karakteristik ibu yang memeriksakan Pap Smear di Rumah Sakit:

Hingga saat ini kanker serviks uteri masih menempati urutan pertama penyakit yang paling banyak menyerang wanita di Indonesia. Sementara di dunia, penderita kanker serviks uteri terbanyak kedua setelah kanker payudara. Penyakit kanker dapat menyerang semua masyarakat tanpa mengenal status sosial maupun umur. Berdasarkan data pap Smear di Laboratorium Sitologi RSAM Bandar Lampung pada tahun 2002 sampai dengan tahun 2007 menunjukan angka penurunan. Yang tercatat pada tahun 2002 sebanyak 348 orang dan tahun 2007 sebanyak 293 orang.

Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, bertujuan untuk mengetahui karakteristik ibu yang memeriksakan pap smear di RSAM berdasarkan umur, tingkat pendidikan, status perkawinan, lama perkawinan, paritas, dan penggunaan alat kontrasepsi yang dipakai ibu pada saat memeriksakan pap smear.
Subyek penelitian ini adalah Ibu-ibu yang memeriksakan pap smear di RSAM Tahun 2007. Obyek penelitian ini adalah karakteristik Ibu yang memeriksakan pap smear di RSAM Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan total populasi dengan jumlah sample 240 orang. Cara pengumpulan data yang digunakan adalah dari data rekam medik dan dikelompokan dalam chek list. Pengolahan data dengan analisa univariat.

Hasil yang diperoleh menunjukan bahwa karakteristik ibu yang memeriksakan pap smear berdasarkan umur yang terbanyak adalah usia < 40 tahun yaitu 134 responden (55,8%), ditinjau dari tingkat pendidikan yang terbesar adalah tingkat perguruan tinggi yaitu 95 responden (39,6%), ditinjau dari status perkawinan semua responden berstatus kawin (100%), ditinjau dari lamanya perkawinan yang terbanyak pada responden dengan lama perkawinan < 10 tahun yaitu 137 responden (57,1%), ditinjau dari paritas yang terbanyak pada paritas 4-5 kali yaitu 126 responden (52,5%) sedangkan ditinjau dari penggunaan alat kontrasepsi yang terbanyak yaitu ibu yang menggunakan kontrasepsi hormonal yaitu 147 responden (61,3%).
Kesimpulan dari penelitian menunjukan bahwa karakteristik Ibu yang memeriksakan Pap Smear adalah ibu yang sudah menikah, berumur < 40 tahun, berpendidikan perguruan tinggi, berstatus kawin, lama perkawinan < 10 tahun, paritas 4-5 kali, dan menggunakan alat kontrasepsi hormonal.

Kata Kunci : Karakteristik Ibu, Pemeriksaan Pap Smear.

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

0 komentar:

Poskan Komentar