feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Karakteristik Ibu Hamil Dengan Pre-Eklamsi di Rumah Sakit

Karakteristik Ibu Hamil Dengan Pre-Eklamsi di Rumah Sakit:


Preeklamsia-eklamsia adalah penyakit pada wanita hamil yang secara langsung disebabkan oleh kehamilan. Definisi preeklampsia adalah hipertensi disertai proteinuri dan edema akibat kehamilan setelah usia kehamilan 20 minggu atau segera setelah persalinan. Sampai saat ini, etiologi pasti dari preeklampsi/eklampsi belum diketahui. Frekuensi pre-eklamsia untuk tiap negara berbeda-beda karena banyak faktor yang mempengaruhinya; jumlah primagravida, keadaan sosial-ekonomi, perbedaan kriterium dalam penentuan diagnosis, dan lain-lain. Zuspan F.P. (1978) dan Arulkumaran A. (1995) melaporkan angka kejadian PE di dunia sebesar 0--13%, di Singapura 0,13--6,6%, sedangkan di Indonesia 3,4--8,5%. Dari penelitian Soejoenoes di 12 RS rujukan pada 1980 dengan jumlah sampel 19.506, didapatkan kasus pre-eklamsi 4,78%, kasus eklamsi 0,51%, dan AKP 10,88 perseribu. Sedangkan pada penelitian yang dilakukan di RSU A Yani tahun 2005 ditemukan kasus pre-eklamsi sebanyak 67 orang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik ibu hamil dengan pre-eklamsia di RSU A. Yani Metro pada tahun 2005. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah instrumen yang berupa format pengumpulan data yang berisi karakteristik ibu hamil dengan preeklamsia di RSU A. Yani Metro dari bulan Januari sampai dengan Desember 2005.
Subjek penelitian ini adalah karakteristik ibu hamil dengan pre-eklamsia. Sedangkan objek penelitiannya adalah ibu hamil dengan pre-eklamsia di ruang kebidanan RSU A. Yani Metro pada tahun 2005. Besarnya sampel adalah seluruh jumlah populasi yang ada yaitu 67 responden. 
Hasil penelitian mengenai karakteristik ibu hamil dengan pre-eklamsi pada umur paling banyak ditemukan pada usia 20-35 yaitu 52,24%, pada paritas paling banyak ditemukan pada paritas 2-4 yaitu 53,73%. Untuk karakteristik pada pendidikan ditemukan paling banyak pada lulusan SMP yaitu 38,81%, sedangkan karakteristik ibu hamil dengan pre-eklamsi pada pekerjaan ditemukan paling banyak pada petani (35,82%). Karakteristik ibu hamil dengan pre-eklamsi pada penghasilan ditemukan paling banyak pada penghasilan kurang dari Rp 325.000 yaitu sebanyak 49,25%.

Kata Kunci            : Umur, Pendidikan, Pekerjaan, Paritas, Penghasilan 

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar