feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Karakteristik Akseptor KB Suntik

Karakteristik Akseptor KB Suntik:


Dalam upaya Safe Motherhood, masalah kematian ibu adalah masalah yang kompleks, meliputi hal-hal nonteknis seperti wanita dan pendidikan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan intervensi yang mempunyai dampak nyata dalam waktu relatif pendek. Intervensi strategis dalam upaya Safe Motherhood dinyatakan sebagai empat pilar yaitu KB, pelayanan antenatal, persalinan yang aman dan pelayanan obstetri esensial. Dari keempat intervensi Safe Motherhood, program KB sebagai pilar pertama telah dianggap berhasil. Karen penyebab kematian ibu yang terbesar adalah perdarahan, infeksi dan eklamsia.
Visi paradigma baru program keluarga berencana nasional adalah untuk mewujudkan keluarga berkualitas tahun 2015. keluarga yang berkualitas adalah keluarga yang sejahtera, sehat, maju, mandiri, memiliki jumlah anak yang ideal, berwawasan ke depan, tanggung jawab, harmonis dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik Akseptor kB Suntik di wilayah kerja Puskemas Pulau Panggung, Tanggamus tahun 2007.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif, dengan pendekatan Cross Sectional. Objek penelitian ini adalah karakteristik akseptor KB suntik, subjek penelitian ini adalah seluruh ibu akseptor KB suntik di Puskesmas Pulau Panggung. Sampel diambil dari sebagian ibu akseptor KB sebanyak 39 orang di Puskesmas Pulau Panggung, kabupaten Tanggamus, sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah secara acak sederhana. Untuk mengumpulkan data yang diperlukan, maka peneliti menggunakan metode wawancara dan alat ukur format yang langsung oleh responden.
Dari hasil penelitian diperoleh karakteristik terbanyak akseptor KB suntik berdasarkan usia ibu adalah usia 20-35 tahun yang berjumlah 29 orang (74,36%). Untuk Karakteristik terbanyak Akseptor KB Suntik berdasarkan tingkat pendidikan ibu adalah pendidikan SMA dan sederajat berjumlah 28 orang (71,79%). Untuk karakteristik terbanyak akseptor KB suntik berdasarkan tingkat ekonomi ibu adalah ekonomi rendah

Kata Kunci: Akseptor KB Suntik

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA

0 komentar:

Poskan Komentar