feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Hubungan Usia dan Paritas Ibu Terhadap Kejadian Bayi Berat Lahir Rendah

Hubungan Usia dan Paritas Ibu Terhadap Kejadian Bayi Berat Lahir Rendah:


Prevalensi bayi berat lahir rendah (BBLR) diperkirakan 15% dari seluruh kelahiran di dunia dengan batasan 3,3%-38% dan lebih sering terjadi di negara-negara berkembang atau sosio-ekonomi rendah. Secara statistik menunjukkan 90% kejadian BBLR didapatkan di negara berkembang dan angka kematiannya 35 kali lebih tinggi dibanding pada bayi dengan berat lahir lebih dari 2500 gram.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui hubungan antara usia dan paritas dengan kejadian BBLR pada ibu bersalin yang akan dilaksanakan di RSD Demang Sepulau Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional guna mengetahui hubungan antara usia dan paritas ibu bersalin dengan kejadian BBLR dengan populasi penelitian seluruh ibu bersalin di RSD Demang Sepulau Raya tahun 2009 berjumlah 595 orang ibu, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 240 ibu bersalin dengan tehnik pengambilan sampel systematic random sampling. Variabel yang diteliti adalah usia dan paritas sebagai variabel bebas dan BBLR sebagai variabel terikat dengan instrumen pengumpulan data angket berupa lembar checklist yang kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus uji statistik Chi-Square yang diolah secara komputerisasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji statistik untuk usia diperoleh p = 0,001 lebih rendah dari nilai alpha ( , sehingga ada hubungan yang bermakna antara usia dengan kejadian BBLR dan hasil uji statistik untuk paritas diperoleh p = 0,247 lebih tinggi dari nilai alpha ( , sehingga tidak terdapat hubungan yang bermakna antara paritas dengan kejadian BBLR.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang bermakna antara usia ibu bersalin dengankejadian BBLR dan tidak terdapat hubungan antara paritas dengan kejadian BBLR di RSD Demang Sepulau Raya tahun 2009. Dari kesimpulan tersebut maka dapat disarankan kepada pihak Rmah Sakit untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal pada ibu bersalin terutama ibu yang memiliki faktor resiko BBLR.

Kata kunci : Usia, Paritas, BBLR

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




0 komentar:

Poskan Komentar