feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Hubungan Pengetahuan Tentang Gizi Ibu Hamil dengan Anemia

Hubungan Pengetahuan Tentang Gizi Ibu Hamil dengan Anemia:


Anemia dalam kehamilan dapat berdampak buruk bagi ibu dan janin. Prevelensi kejadian anemia pada ibu hamil di Lampung Tengah pada tahun 2009 sebesar 70%. Data Puskesmas Payungrejo tahun 2009, angka kejadian anemia pada ibu hamil sebanyak 206 (23%), angka kejadian anemia di desa Riau Periangan merupakan angka kejadian tertinggi dari 18 desa di wilayah kerja Puskesmas Payungrejo yaitu sebesar 60%. Dari data pra survey terhadap 10 orang ibu hamil ternyata terdapat 6 orang diantaranya yang menderita anemia, dan dari keenam ibu hamil tersebut lima diantaranya kurang pengetahuan tentang gizi ibu hamil. Berdasarkan fenomena tersebut maka dapat dirumuskan permasalahan apakah ada hubungan antara pengetahuan ibu hamil tentang gizi ibu hamil dengan anemia di Desa Riau Periangan Kabupaten Lampung Tengah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu hamil tentang gizi ibu hamil dengan anemia di Desa Riau Periangan Kabupaten Lampung Tengah.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu analitik dengan desain cross sectional, dengan populasi penelitian adalah seluruh ibu hamil sebanyak 42 orang ibu dan sampel diambil dari keseluruhan populasi dengan tehnik pengambilan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan analisa univariat menggunakan presentasi dan bivariat menggunakan rumus chi square.
Hasil penelitian diperoleh bahwa proporsi pengetahuan ibu hamil tentang gizi ibu hamil adalah dengan pengetahuan yang kurang baik (61,90%), proporsi kejadian anemia adalah dengan anemia (52,38%), dan terdapat hubungan secara statistik antara pengetahuan ibu hamil tentang gizi ibu hamil dengan anemia di Desa Riau Periangan Kabupaten Lampung Tengah, dengan nilai p = 0,001 lebih kecil dari nilai .
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan ibu hamil tentang gizi ibu hamil dengan anemia di Desa Riau Periangan. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan bagi pihak Puskesmas dapat meningkatkan upaya promotif dalam program kesehatan Ibu dan Anak dengan upaya sosialisasi dan penyuluhan kepada para ibu hamil tentang nutrisi bagi ibu hamil.

Kata Kunci :Pengetahuan, anemia, gizi ibu hamil
Daftar Bacaan :33 (1998-2010)

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar