feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Hubungan Pengetahuan Remaja dengan Kehamilan Remaja

Hubungan Pengetahuan Remaja dengan Kehamilan Remaja:


Data dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional mengakui pengetahuan remaja terhadap kesehatan reproduksi masih rendah. Hanya 55% remaja yang mengetahui proses kehamilan, (Kabid BKKBN Sumatera Utara). Data lain yaitu : 42% remaja mengetahui HIV dan hanya 24% remaja mengetahui terhadap penyakit menular seksual (PMS). Untuk usia 15-24 tahun pengetahuan laki-laki hanya 46,1% dan perempuan 43,1%. Dampak dari kebutuhan dan kurangnya informasi remaja tersebut, menimbulkan berbagai persoalan di kalangan remaja, mulai dari narkoba, HIV dan AIDS sampai dengan hubungan seks sebelum nikah. Jumlah pernikahan menurut usia di Kecamatan Bandar Mataram yaitu : usia 19-30 tahun adalah 90%, 30 tahun ke atas 10%, sedangkan untuk usia 16-20 tahun adalah 45% dan 21-30 tahun adalah 55%. 

Tujuan umum dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan remaja dengan kehamilan remaja di Desa Mataram Jaya Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah tahun 2010. 

Jenis penelitian ini adalah analitik, dengan rancangan cross sectional, berupa hubungan pengetahuan remaja dengan kehamilan remaja di Desa Mataram Jaya Kecamatan Bandar Mataram Kabupaten Lampung Tengah tahun 2010. Variabel independen pada penelitian ini yaitu pengetahuan remaja dan variabel dependen adalah kehamilan remaja. Populasi penelitian ini adalah remaja putrid berusia 14-19 tahun dari delapan (8) Dusun di Desa Mataram Jaya Kecamatan Bandar Mataram Lampung Tengah yang bersedia mengisi kuesioner. Besar sample yang digunakan adalah sebanyak 137 remaja. 

Hasil penelitian ini adalah distribusi frekuensi pengetahuan remaja sebesar 62,0% dengan pengetahuan kurang, distribusi frekuensi kehamilan remaja sebesar 43,1% hamil usia kurang dari 19 tahun dan ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan remaja dengan kehamilan remaja di Desa Mataram Jaya (X2 hitung > X2 tabel). Insiden kehamilan remaja dapat diturunkan dengan memberikan penyuluhan tentang reproduksi sehat.  

Kata Kunci : Pengetahuan, Kehamilan Remaja 
Daftar Bacaan : 18 (1994 – 2009)

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA


0 komentar:

Poskan Komentar