feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Hubungan Pengetahuan Ibu dan Dukungan Keluarga Dengan Pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini pada Ibu Post Partum

Hubungan Pengetahuan Ibu dan Dukungan Keluarga Dengan Pelaksanaan Inisiasi Menyusui Dini pada Ibu Post Partum:


Di 190 negara di dunia, hanya 33 negara yang tahu IMD yang benar. Bayi yang tidak di beri ASI mempunyai kemungkinan 14,3 kali lebih besar untuk meninggal karena berbagai serangan penyakit, misalnya diare. Beberapa faktor yang berperan dalam pelaksanaan IMD antara lain adalah pengetahuan ibu, sikap ibu, dukungan keluarga dan petugas kesehatan. Berdasarkan hasil perhitungan data Susenas tahun 2004, persentase bayi usia 0-6 bulan yang mendapatkan ASI eksklusif di Propinsi Lampung sebesar 74,2%, Kabupaten Lampung Tengah sebesar 76,6%. Tahun 2009 di Puskesmas Rama Indra Kecamatan Seputih Raman cakupan ASI eksklusif baru mencapai 21,6%. Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai Hubungan Pengetahuan Ibu dan Dukungan Keluarga dengan pelaksanaan IMD pada ibu post partum.
Tujuan secara umum dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu dan dukungan keluarga dengan pelaksanaan IMD pada ibu post partum di BPS wilayah Puskesmas Rama Indra Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah tahun 2010.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu analitik dengan desain cross sectional, dengan populasi penelitian adalah ibu dari bersalin di 7 BPS pada bulan Desember 2010 berjumlah 71 ibu dan keseluruhan populasi dijadikan sampel yaitu sebanyak 71 ibu bersalin (total sampling). Tehnik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dengan instrument penelitian kuisioner yang kemudian dianalisis menggunakan uji chi square.
Hasil yang diperoleh bahwa proporsi pelaksanaan IMD di BPS wilayah Puskesmas Rama Indra dari 71 responden yang tidak melakukan IMD (46,5%), dengan pengetahuan yang baik 53,52%, dan tidak mendapatkan dukungan dari keluarga 52,11%, ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan pelaksanaan IMD (p-value 0,005), dan ada hubungan antara dukungan keluarga dengan pelaksanaan IMD (p-value 0,001)
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan dan dukungan keluarga dengan pelaksanaan IMD di BPS wilayah Puskesmas Rama Indra Kecamatan Seputih Raman Kabupaten Lampung Tengah tahun 2010. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan bagi para bidan meningkatkan pelayanan kesehatan untuk melaksanakan program IMD pada ibu bersalin.


Kata Kunci : Pengetahuan, Dukungan Keluarga, Inisiasi Menyusui Dini
Daftar Bacaan : 16 (1997-2010)

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



0 komentar:

Poskan Komentar