feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Batita dengan Cakupan Imunisasi Campak di Puskesmas

Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Batita dengan Cakupan Imunisasi Campak di Puskesmas:


Menurut WHO campak adalah penyebab kematian pada anak dan penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Cakupan imunisasi campak di tingkat Nasional adalah 95%, propinsi Lampung sudah mencapai 97,90%, sedangkan Kabupaten Lampung Tengah cakupan imunisasi campak pada tahun 2008 mencapai 83,39%, tahun 2009 adalah 87,7%. Dampak campak yang terjadi pada anak yang sehat dan gizinya baik jarang menimbulkan efek samping yang serius, yang sering menimbulkan kematian adalah komplikasi radang paru-paru (broncopneuminia) dan radang otak (encephalitis). Faktor-faktor yang menyebabkan kurangnya cakupan imunisasi diantaranya adalah pengetahuan dan sikap ibu terhadap imunisasi campak. Berdasarkan fenomena tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian mengenai hubungan antara pengetahuan dan sikap ibu dengan Cakupan Imunisasi Campak.
Tujuan secara umum dari penelitian ini adalah diketahuinya hubungan pengetahuan dan sikap ibu batita dengan cakupan imunisasi campak di Puskesmas Surabaya Kecamatan Padang Ratu Lampung Tengah Tahun 2010.
Metode penelitian yang digunakan yaitu analitik dengan desain cross sectional, dengan populasi penelitian adalah ibu batita berjumlah 120 dan pengambilan sampel menggunakan rumus sebanyak 92 batita dengan tehnik pengambilan simple random sampling melalui pengundian dari jumlah populasi yang ada. Analsia data univariat menggunakan rumus persentase dan bivariat menggunakan uji chi square.
Hasil yang diperoleh bahwa proporsi cakupan imunisasi campak secara umum dengan cakupan yang tidak baik (52,17%), proporsi pengetahuan ibu sebagian besar dengan pengetahuan yang kurang baik (53,26%), proporsi sikap ibu sebagian besar dengan sikap yang tidak mendukung (54,36%), terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap ibu dengan cakupan imunisasi dengan nilai p = 0,000 lebih kecil dari nilai
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan dan sikap ibu terhadap cakupan imunisasi campak di Puskesmas Surabaya Kecamatan Padang Ratu Lampung Tengah Tahun 2010. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan bagi pihak Puskesmas dapat meningkatkan upaya promotif dalam program Kesehatan Ibu dan Anak dengan upaya sosialisasi dan penyuluhan kepada para ibu yang memiliki batita tentang pentingnya pemberian imunisasi campak.


Kata Kunci :Pengetahuan, Sikap, Imunisasi Campak
Daftar Bacaan :15 (1998-2010)


Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




0 komentar:

Poskan Komentar