feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Hubungan Antara Status Gizi dengan Menarche Pada Siswi Kelas I dan 2 SMP

Hubungan Antara Status Gizi dengan Menarche Pada Siswi Kelas I dan 2 SMP:

Zat-zat gizi dari makanan yang dikonsumsi seseorang akan mempengaruhi pertumbuhannya. Kekurangan gizi atau keadaan gizi buruk pada masa bayi dan anak-anak terutama pada umur kurang dari lima tahun dapat berakibat lebih parah. karena pertumbuhan jasmani dan kecerdasan akan terganggu. pada tahap selanjutnya akan berpengaruh pada perkembangan. Perkembangan diartikan sebagai kemajuan fungsi atau kapasitas fisiologis badan atau organ tubuh. Usia remaja putri saat mengalami menarche bervariasi. Statistik menunjukkan bahwa usia menarche dipengaruhi faktor keturunan, keadaan gizi dan kesehatan umum.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapat diperolehnya informasi tentang hubungan status gizi dengan usia menarche pada siswi kelas 1 dan 2 di SMP Negeri 2 Way Bungur, dengan subjek penelitian adalah siswi kelas 1 dan 2 dan objek penelitian hubungan antara status gizi dengan usia menarche.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan penelitian cross secsional, dengan populasi seluruh siswi kelas 1 dan 2 yang berjumlah 135 siswi dan sampel yang diambil sebanyak 100 orang siswi dengan tehnik pengambilan sampel simple random sampling. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan alat ukur berupa lembar checklist untuk mengetahui hubungan antara status gizi dengan menarche.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa sebagian besar siswi SMP Negeri 2 Bungur dengan Gizi yang baik yaitu sejumlah 43 siswi (43%), gizi sedang 32 sisiwi (32%), gizi kurang 18 siswi (18%) dan gizi buruk 7 siswi (7%), dan berdasarkan hasil analisis menggunakan chi-square diperoleh nilai chisquare (x2hitung) sebesar 36,85 pada taraf kesalahan 5% , dengan dk:3 diperoleh nilai (x2 tabel) sebesar 7,815. Tampak bahwa nilai x2hitung: 36,85 > x2tabel: 7,815 sehingga Ho ditolak yang menyatakan bahwa ada hubungan antara status gizi dengan usia menarche
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah status gizi siswi yang ada di SMP Negeri 2 Way Bungur sebagian besar dengan gizi yang baik, dan sebagian besar sudah mengalami menarche, sedangkan untuk hasil analisa bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara status gizi dengan  menarche pada remaja siswi kelas 1 dan kelas 2 di SMP Negeri 2 Way Bungur Lampung Tengah

Kata Kunci : Status Gizi, menarche 

0 komentar:

Poskan Komentar