feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gifted plus

Gifted plus:

Istilah gifted plus kini banyak digunakan untuk anak-anak gifted yang mempunyai kesulitan ganda (dual exceptional), yaitu yang mempunyai komorbiditas dengan gangguan lainnya. Komorbiditas adalah suatu gangguan (diagnosa) yang menyertai suatu keadaan (diagnosa) lain. Pada anak-anak gifted, gangguan lain yang menyertainya terbanyak adalah gangguan hiperaktivitas dan gangguan konsentrasi (ADD/ADHD) dengan berbagai gangguan ikutan dari diagnosa ADD/ADHD ini seperti tic, ODD (Opposan Deviant Disorder), OCD (Obsessive Compulsive Disorder), Bi-polar, dan sebagainya. 
Komorbiditas pada anak-anak gifted ini sangat sulit diidentifikasi, karena dengan kecerdasannya yang sangat baik itu, ia mampu mengkamuflase (masking) atau menutupi gangguan yang disandangnya (McCoach, 2004). Akibat komorbiditasnya ini, menjadikan prestasinya tidak menetap, di samping itu  si anak yang sangat rentan terhadap berbagai situasi yang mampu menyulut masalah yang disandangnya akan semakin parah. Kesulitan pengidentifikasian dan membedakan antara anak gifted yang memang mempunyai komorbiditas, dengan anak gifted yang giftednessnya tak terlayani sehingga memunculkan masalah seperti penyandang ADD/ADHD (karena reaksinya keluar/ekstrovert dan agresive) atau autisme (karena reaksinya ke dalam/introvert-menarik diri), bisa dirasakan oleh para orang tua dan guru, karena pada umumnya gejala keduanya hampir sama. Umumnya kemudian anak-anak ini lebih sering dikelompokkan sebagai penyandang ADD/ADHD atau autisme dan mendapatkan treatment sebagai ADD/ADHD atau autisme, yang tentu saja kurang tepat.  
Pengalaman mendeteksi dan menangani  anak-anak seperti ini di Indonesia dirasa masih luar biasa langka, bahkan dapat dikatakan tidak bisa mendapatkan ahli kependidikan (orthopedagog) yang mempunyai spesialisasi dalam bidang ini. Terhadap anak-anak ini juga belum ada sekolah yang mampu menanganinya.

0 komentar:

Poskan Komentar