feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Pendidikan Ibu Yang Mempunyai Balita Mengenai Posyandu

Gambaran Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Pendidikan Ibu Yang Mempunyai Balita Mengenai Posyandu:


Menurut hasil SDKI 2002-2003 angka kematian balita 64 per 1000 kelahiran hidup. Angka ini belum mencapai target 58 per 1.000 kelahiran hidup (Dinas Kesehatan Propinsi Lampung, 2005).Namun pada kenyataanya, menurut Departemen Kesehatan RI tahun 2004, dari jumlah Posyandu yang mencapai 242.124 unit, hanya 40% yang menjalankan fungsinya dengan baik. Di Propinsi Lampung terdapat 4.3030 atau 60 persen dari 7.173 unit Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), saat ini tidak berfungsi sama sekali (Bandar Lampung, 23 Mei).  Di Kabupaten Tanggamus, jumlah Posyandu yang terdaftar di Dinas Kesehatan 894 buah. Di kelurahan Tanjung Agung kecamatan Pugung, yang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Tanggamus, terdapat 6 posyandu, dan terdapat 1 dari 6 posyandu yaitu Posyandu Koncang yang cakupan penimbangan balitanya masih rendah yaitu 31% atau hanya 47 orang dari 149 balita, sedangkan target penimbangan balitanya adalah 80%.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan dan tingkat pendidikan ibu yang mempunyai balita Kelurahan Tanjung Agung Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus tahun 2007. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Tehnik sampling yang digunakan adalah secara acak sederhana. Sampel diambil 25% dari 149 orang yaitu 37 orang. Subjek penelitian adalah ibu-ibu yang memiliki balita di Posyandu Koncang dan objek penelitian adalah pengetahuan dan pendidikan ibu yang mempunyai balita. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode angket dan alat ukur kuisioner yang langsung pada responden.
Secara umum didapatkan hasil bahwa tingkat pendidikan ibu-ibu yang mempunyai balita di posyandu Koncang dikategorikan masih rendah yaitu tingkat SD sebanyak 27 orang (73%), dan tingkat pengetahuan ibu-ibu yang mempunyai balita di posyandu dikategorikan kurang baik yaitu sebanyak 28 orang (75,73%). Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa gambaran tingkat pengetahuan dan tingkat pendidikan ibu yang mempunyai balita (1-5 tahun) mengenai posyandu di Posyandu Koncang masih kurang, sehingga diperlukan motivasi dan pembinaan pada ibu-ibu yang mempunyai balita.

Kata Kunci : Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Pendidikan ibu yang Mempunyai balita Mengenai Posyandu


nda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




0 komentar:

Poskan Komentar