feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Penyapihan Anak di Wilayah Kerja Puskesmas

Gambaran Penyapihan Anak di Wilayah Kerja Puskesmas:

Menyusui adalah sesuatu yang alami, dan segala sesuatu yang alami adalah yang terbaik bagi semua orang. Namun, alami tidak selalu mudah. Menyusui yang sukses membutuhkan dukungan baik dari orang yang telah mengalami¬nya atau dari seseorang yang profesional. Berdasarkan hasil perhitungan data Susenas tahun 2006, persentase bayi usia 0-4 bulan yang menerima ASI Ekslusif di Propinsi Lampung sebesar 55,48%, jika dilihat per kabupaten/kota, Kabupaten Lampung Tengah mempunyai hanya mencapai persentase 48,4%
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran penyapihan anak di wilayah kerja puskesmas Kotagajah, dengan subjek penelitian ibu yang memiliki bayi kurang dari 2 tahun dan objek penelitian gambaran penyapihan anak.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai bayi kurang dari 2 tahun dan sampel diambil dari keseluruhan ibu melakukan peyapihan anak dan diperoleh sejumlah 34 orang ibu (total sampling). Pengambilan data menggunakan kuisioner, dan analisa data univariat menggunakan persentase dan skala ukur menggunakan skala ordinal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran penyapihan anak di wilayah kerja Puskesmas Wates adalah 5 orang responden dengan kategori pengetahuan yang baik (14,71%), 11 orang responden (32,35%) dengan kategori pengetahuan yang cukup, 16 orang responden (47,06%) dengan kategori pengetahuan yang kurang baik, dan 2 orang responden (5,88%) dengan kategori pengetahuan yang tidak baik, untuk tingkat pendidikan ibu yang paling banyak adalah di tingkat pendidikan SMP sebanyak  12 orang (35,29%), dan yang terkecil adalah tingkat perguruan tinggi yaitu 2 orang (5,88%), berdasarkan pekerjaan adalah ibu yang bekerja sebanyak 18 orang (52,94%) dan yang tidak berkerja sebanyak 16 orang (47,06%), dan berdasarkan jarak kehamilannya adalah ibu dengan kehamilan < 2 tahun sebanyak 11 orang (32,35%) dan yang tidak berkerja sebanyak 16 orang (67,65%).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa gambaran penyapihan anak di wilayah kerja Puskesmas Kotagajah secara umum adalah ibu dengan pengetahuan yang kurang baik (47,06%), tingkat pendidikan SMP (35,29%),  bekerja (52,94%) dan dengan jarak kehamilam > 2 tahun (67,65%).

Kata Kunci : Gambaran, Penyapihan Anak

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identifikasi Masalah
C. Rumusan Masalah
D. Ruang Lingkup Penelitian
E. Tujuan Penelitian
F. Manfaat Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Pustaka Instrumen Penelitian
1. Air Susu Ibu (ASI)
2. Penyapihan
3. Faktor yang Mempengaruhi Ibu Melakukan Penyapihan Anak
B. Kerangka Teori
C. Kerangka Konsep
D. Definisi Operasional Variabel

BAB III METODE PENELITIAN
A. Desain Penelitian
B. Populasi dan Sampel
1. Populasi
2. Sampel
C. Waktu dan Lokasi Penelitian
1. Waktu Penelitian
2. Lokasi Penelitian
D. Variabel Penelitian
E. Instrumen Penelitian
F. Analisa Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMABAHASAN
A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian
B. Hasil Penelitian
C. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI DI SINI >>>>>



0 komentar:

Poskan Komentar