feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Pengetahuan Siswa Kelas VI Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Gambaran Pengetahuan Siswa Kelas VI Tentang Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat:

Salah satu strategi kesehatan nasional dalam rangka menuju Indonesia sehat 2010 adalah menempatkan pembangunan kesehatan yang berwawasan kesehatan, artinya setiap upaya program berdampak positif dalam membentuk  perilkau sehat dan lingkungan yang sehat pula. PHBS sekolah (institusi pendidikan) adalah tempat diselenggarakan proses belajar mengajar secara formal, dimana terjadi tranformasi ilmu pengetahuan dari para guru/pengajar kepada anak didiknya. PHBS sekolah (institusi pendidikan) berarti suatu upaya yang dilakukan untuk memberdayakan dan meningkatkan kemampuan pengajar maupun anak didiknya dalam berperilaku hidup bersih dan sehat. Sekolah (institusi pendidikan) yang dimaksud adalah dari tingkat SD/MI, SLTP/MTS sampai dengan SLTA/MA Penerapan PHBS di sekolah merupakan kebutuhan mutlak seiring munculnya berbagai penyakit yang sering menyerang anak usia sekolah (6 - 10 tahun), yang ternyata umumnya berkaitan dengan PHBS (PHBS disekolah merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikkan oleh peserta didik, guru, dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingg secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat). 
Tujuan penelitian ini adalah untuk bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan mengenai perilaku hidup bersih dan sehat di SDN 8 Bandar Sari Lampung Tengah tahun 2010. Penelitian ini bersifat deskriptif, subjek penelitian yaitu Gambaran pengetahuan siswa kelas VI tentang prilaku hidup bersih dan sehat di SDN 8 Bandar Sari. Sedangkan objek penelitiannya adalah Siswa kelas VI SDN 8 Bandar Sari.
 Total populasi pada penelitian ini yaitu 60 orang, sedangkan sampel yang diambil adalah seluruh jumlah populasi setelah diambil 10 siswa sebagai data prasurvei sehingga besar sampel yaitu 50 orang. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Hasil penelitian serta kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan siswa kelas VI tentang perilaku hidup bersih dan sehat di SDN 8 Bandar Sari Lampung Tengah dari 50 responden sebagian besar dalam kategori cukup yaitu 62,00%.

Kata Kunci : Pengetahuan, perilaku hidup bersih, siswa kelas VI

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI DI SINI >>>>>




0 komentar:

Poskan Komentar