feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Pengetahuan Pekerja Wanita tentang Anemia

Gambaran Pengetahuan Pekerja Wanita tentang Anemia:


Anemia merupakan salah satu masalah gizi utama. Di Propinsi Lampung tercatat 7 dari 10 (69,7%) ibu menderita anemia gizi, angka ini lebih tinggi dari angka Nasional yaitu 63,3%. Di Lampung Tengah prevalensi kejadian anemia pada tahun 2008 tercatat 1,96% dan pada tahun 2009 meningkat menjadi 5,85%. Pada wanita dewasa penderita anemia defisiensi besi dapat mengakibatkan penurunan kerja fisik, penurunan daya tahan tubuh, keletihan, dan menurunnya produktifitas. Wanita perlu memberi perhatian khusus pada anemia yang dimulai pada saat remaja mengalami haid di masa pubertas. Pada pekerja wanita anemia menurunkan produktivitas 5-10% dari kapasitas kerjanya 6,5 jam per minggu, saat dilakukan pra survey terhadap 10 orang pekerja wanita yang berkunjung ke BP Pabrik PT GGP, enam orang mengalami anemia dan tujuh orang (70%) diantaranya dengan pengetahuan yang kurang tentang anemia. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan pekerja wanita tentang anemia di BP Pabrik PT GGP Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif, dengan populasi adalah seluruh pekerja wanita di PT GGP dan yang menjadi sampel sebanyak 93 orang pekerja wanita. Metode pengumpulan data dengan angket, instrumen penelitian berupa kuisioner yang diolah menggunakan analisa univariat guna mengetahui distribusi frekuensi pengetahuan pekerja wanita tentang anemia.
Hasil pengolahan data diperoleh bahwa gambaran pengetahuan pekerja wanita tentang anemia sebagian besar dengan pengetahuan yang kurang sebanyak 52 orang (55,91%).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah gambaran pengetahaun pekerja wanita tentang anemia dengan kategori yang kurang. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan bagi pihak tenaga kesehatan khususnya bidan yang ada di BP pabrik untuk dapat lebih meningkatkan sosialisasi mengenai anemia dengan memberikan penyuluhan kepada para pekerja saat mereka melakukan pemeriksaan kesehatan agar pengetahuan mereka tentang anemia dapat lebih baik.

Kata Kunci : Pengetahuan pekeja wanita, anemia
Daftar Bacaan : 21 (1998-2010)

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




0 komentar:

Poskan Komentar