feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Pengetahuan Ibu Usia 30-60 Tahun Tentang Pap Smear

Gambaran Pengetahuan Ibu Usia 30-60 Tahun Tentang Pap Smear:

Diantara tumor ganas ginekologi, kanker leher rahim merupakan penyakit keganasan yang menimbulkan masalah dengan kesehatan terutama di negara yang sedang berkembang, termasuk Indonesia. Berdasarkan data Globocan, International Agency for Research on Cancer (IARC) tahun 2002, kanker leher rahim menempati urutan kedua dengan insidens rate 16 per 100.000 perempuan. Kasus baru yang ditemukan 9,7% dengan jumlah kematian 9,3% per tahun dari seluruh kanker pada perempuan di dunia.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu usia 30-60 tahun tentang Pap Smear di Desa Tambahrejo Gadingrejo Tanggamus tahun 2009. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif untuk membuat gambaran atau deskriptif tentang suatu keadaan secara objektif dengan sampel adalah para ibu usia 30-60 tahun di Dusun IV Desa Tambahrejo Gadingerjo Tanggamus tahun 2009 yang berjumlah 110 ibu. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan alat ukur berupa kuisioner yang langsung diberikan pada responden.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa gambaran pengetahuan ibu usia 30-60 Tahun Tentang Pap Smear di Dusun IV Desa Tambahrejo Gadingrejo Tanggamus  sebanyak 73 orang ibu dengan pengetahuan baik (66,36%), 28 orang ibu dengan pengetahuan yang cukup (25.45%), 6 orang ibu dengan pengetahuan kurang (5,45%), dan 3 orang ibu dengan pengetahuan sangat kurang (2,73%)
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah pengetahuan ibu usia 30-60 Tahun Tentang Pap Smear di Dusun IV Desa Tambahrejo Gadingrejo Tanggamus  secara umum baik.

Kata Kunci : Pengetahuan, Ibu, Pap Smear

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Ruang Lingkup Penelitian
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Pengetahuan
B. Wanita
C. Pap Smear
D. Kerangka Konsep
E. Definisi Operasional

BAB III METODE PENELITIAN 
A. Desain Penelitian
B. Populasi dan Sampel
C. Lokasi Penelitian
D. Pengukuran Variabel Penelitian
E. Alat Ukur Variabel
F. Analisa Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1. Gambaran Umum Daerah Penelitian
2. Hasil Penelitian
B. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI DI SINI >>>>>





0 komentar:

Poskan Komentar