feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Trimester I tentang Emisis Gravidarum

Gambaran Pengetahuan Ibu Hamil Trimester I tentang Emisis Gravidarum:


Mual (nausea) dan muntah (emesis gravidarum) adalah gejala yang sering terjadi pada 60-80% primigravida dan 40-60% pada multigravida. Kedua hal ini merupakan gejala yang normal dan sering didapati pada sebagian besar ibu hamil (Kehamilan yang Menyenangkan ; 31). Di RB Bina Sejahtera II Tri Rahayu terdapat 26 dari 38 ibu hamil yang memeriksakan kehamilannya mengalami emesis gravidarum pada trimester I.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan ibu hamil trimester I tentang emesis gravidarum di RB Bina Sejahtera II Tri Rahayu bulan April-Mei tahun 2006. Subjek penelitian ini adalah ibu hamil trimester I. Adapun objek yang menjadi penelitian ini adalah pengetahuan ibu hamil trimester I tentang emesis gravidarum.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner dan pengukuran variabel menggunakan skala nominal. Populasi penelitian ini adalah seluruh ibu hamil trimester I yang kebetulan ada di RB Bina Sejahtera II Tri Rahayu yaitu sebanyak 50 orang. Pengolahan data dilakukan dengan 3 fase yaitu editing, coding, dan tabulating. Dan analisa data dengan tehnik analisa data univariat. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu hamil trimester I tentang pengertian emesis gravidarum dengan kategori baik (54%) dan yang kurang (46%), penyebab emesis gravidarum dengan kategori baik (56%) dan yang kurang (44%), tanda dan gejala emesis gravidarum dengan kategori baik (40%) dan yang kurang (40%), pengaruh emesis gravidarum terhadap ibu dan janin dengan kategori baik (56%) dan yang kurang (44%), dan penanganan emesis gravidarum dengan kategori baik (46%) dan yang kurang (54%). 
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu hamil trimester I tentang emesis gravidarum didapat hasil yang baik sebesar 50,4% dan yang kurang sebesar 49,6%.

Kata Kunci: Pengetahuan, Primigravida, Emesis Gravidarum.

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




0 komentar:

Poskan Komentar