feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Pengetahuan Dan Karakteristik Ibu Menyusui 1-3 Hari Yang Tidak Memberikan Colostrum Pada BBL

GAMBARAN PENGETAHUAN DAN KARAKTERISTIK IBU MENYUSUI 1-3 HARI YANG TIDAK MEMBERIKAN COLOSTRUM PADA BBL:

Kolostrum (ASI pertama) adalah ASI berwarna kekuningan yang dihasilkan tiga hari pertama setelah melahirkan. Berkaitan dengan pentingnya ASI 1 jam pertama maka dianjurkan sesegera mungkin meletakkan bayi yang baru dilahirkan pada dada ibunya dan membiarkan selama 30-60 menit. Berdasarkan hasil kasih Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2002-2003 pemberian ASI eksklusif pada bayi berumur 2 bulan hanya 64%. Keadaan lain memprihatinkan adalah 13% dan bayi berumur 2 bulan telah diberi susu formula dan 15% telah diberi makanan tambahan.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapat Gambaran Pengetahuan dan Karakteristik Ibu Menyusui 1-3 hari Yang Tidak Memberikan Colostrum Pada BBL di BPS Wiratni Agung Gedung Ratu Kabupaten Lampung Tengah  Tahun 2010, dengan subjek penelitian Ibu Menyusui dan objek penelitian adalah karakteristik ibu yang tidak memberikan colostrum.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi adalah semua ibu menyusui di di BPS Wiratni pada tanggal 30 Mei-12 Juni 2010 yang berjumlah 35 orang ibu dan pengambilan sampel dengan tehnik accidental sampling sehingga sampel yang diambil sebanyak 35 orang ibu. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan alat ukur berupa kuisioner untuk mengukur distribusi frekuensi karakteristik ibu.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa gambaran pengetahuan dan karakteristik ibu yang tidak memberikan colostrum di BPS Wiratni Agung Gedung Ratu Kabupaten Lampung Tengah  Tahun 2010 adalah untuk pengetahuan sebagian besar pada ibu dengan pengetahuan yang kurang yaitu sebesar 60%, sedangkan untuk karakteristik umur sebagian besar 20-35 tahun yaitu sebesar 68,57%, tingkat pendidikan  sebagian besar dengan tingkat pendidikan dasar yaitu sebesar 77,14%, sebagian besar pada ibu yang bekerja sebesar 68,57%, dan berdasarkan paritas sebagian besar dengan paritas multipara yaitu sebesar 65,71%..
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah pengetahuan ibu yang tidak memberikan colostrum di BPS Wiratni Agung Gedung Ratu Kabupaten Lampung Tengah  Tahun 2010 adalah sebagian besar dengan pengetahuan kurang, dan dengan karakteristik berumur 20-35 tahun, tingkat pendidikan dasar, bekerja dan paritas multipara.

Kata Kunci : Pengetahuan, Karakteristik, Ibu Menyusui, Colostrum

0 komentar:

Poskan Komentar