feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Pengetahuan Akseptor KB Suntik Tentang Efek Samping Depo Medroxyprogesterone Asetat (DMPA)

Gambaran Pengetahuan Akseptor KB Suntik Tentang Efek Samping Depo Medroxyprogesterone Asetat (DMPA):


Program Keluarga Berencana (KB) merupakan program yang dijalankan oleh Pemerintah untuk membatasi jumlah kelahiran, dimana untuk mencapai tujuan tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah digunakanya alat kontrapsepsi Depo Medroxiprogesteron Asetat (DMPA) yaitu suatu obat yang dimasukan kedalam tubuh wanita secara Intramuskuler (IM) yang digunakan untuk mengembangkan suatu metode kontrasepsi yang berdaya kerja panjang tetapi tetap refersibel, diRB Do’a Ibu Sekampung jumlah akseptor KB suntik berjumlah 425 akseptor lebih banyak dari pengguna pil (61 akseptor), implan (12 akseptor), IUD (12 akseptor). DMPA menjadi pilihan kaum ibu yang utama karena aman, efektif sederhana dan murah namun demikian DMPA ini juga mempunyai banyak efek samping seperti gangguan haid, mual, sakit kepala, galaktorea, perubahan berat badan dan lain-lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan Akseptor KB Suntik Tentang Efek Samping DMPA Di RB Do’a Ibu Sekampung Lampung Timur Tahun 2007
Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat Deskriptif dimana hasil penelitian yang menyajikan gambaran tentang pengetahuan akseptor KB suntik tentang efek samping DMPA di RB Do’a Ibu Sekampung.. Subjek Penelitian ini adalah seluruh akseptor KB suntik DMPA di RB Do’a Ibu Sekampung Lampung Timur Tahun 2007, objeknya yaitu pengetahuan akseptor KB suntik tentang efek samping DMPA, besarnya sampel penelitian ini adalah 30 responden, pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan akseptor KB suntik tentang efek samping DMPA tergolong cukup yaitu sebesar 57,56%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pengetahuan yang cukup dan baik merupakan cikal bakal yang baik bagi responden untuk tetap menjadi akseptor KB suntik DMPA dan merupakan bahan pertimbangan akseptor untuk memilih alat kontrasepsi mana yang cocok untuknya.

Kata Kunci : Pengetahuan , Efek Samping DMPA

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar