feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Penatalaksanaan Manajemen Aktif Kala III

Gambaran Penatalaksanaan Manajemen Aktif Kala III:

Hasil survey demografi dan kesehatan Indonesia tahun 2007 menyebutkan (bahwa AKI tahun 2007 sebesar 228 / 100.000 kelahiran hidup. Angka ini menurun dibandingkan tahun 2005 AKI mencapai 262 / 100.000 kelahiran hidup. Perdarahan menjadi penyebab tertinggi dari kematian ibu serta waktu yang paling kritis untuk terjadinya perdarahan adalah ketika pelepasan plasenta dan segera setelah itu. Hal ini disebabkan karena terputusnya pembuluh darah tempat berimplantasinya plasenta. Salah satu langkah mempercepat kelahiran plasenta dan dapat mencegah atau mengurangi perdarahan post partum adalah manajemen aktif kala III persalinan
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapat Gambaran Penatalaksanaan Manajemen Aktif Kala III Pada BPS di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun 2010, dengan subjek penelitian adalah BPS di Kecamatan Pekalongan dan objek penelitian Penatalaksanaan Manajemen Aktif Kala III.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi adalah BPS di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur berjumlah 18 BPS dan tehnik pengambilan sampel dengan metode proporsive sampling sehingga sampel yang diambil sebanyak enam BPS. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan alat ukur berupa lembar checklist untuk mengukur pelaksanaan manajemen aktif kala III.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa Pelaksanaan Prosedur persiapan alat pada Manajemen Aktif Kala III di Enam BPS di Kecamatan Pekalongan dengan hasil bahwa keseluruhan BPS (100%) melakukan prosedur penyiapan alat sesuai dengan protap dan untuk prosedur pelaksanaan secara umum telah dilakukan, dimana dari keseluruhan pelaksanaan yang harus dilakukan pada kala III mencapai tingkat pelaksanaan 45 point dari total 54 point pelaksanaan.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah Penatalaksanaan Manajemen Aktif Kala III Pada BPS di Kecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur Tahun 2010 secara umum telah dilakukan dengan baik oleh keenam BPS.

Kata Kunci : Bidan, Manajemen Aktif Kala III

DAFTAR ISI:
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
E. Ruang Lingkup Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Telaah Pustaka
1. Bidan Praktek Swasta
2. Persalinan Normal
B. Kerangka Konsep
C. Definisi Operasional

BAB III METODELOGI PENELITIAN
A.  Jenis Penelitian
B.  Populasi dan 
1. Populasi
2. Sampel
C.  Lokasi Penelitian
D.  Variabel Penelitian
E.  Instrumen dan Alat Ukur Penelitian
F.  Pengumpulan Data
G.  Analisa Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Gambaran Umum Lokasi Penelitian
B. Hasil Penelitian
C. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI DI SINI >>>>>



0 komentar:

Poskan Komentar