feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Pelaksanaan Kelas Ibu

Gambaran Pelaksanaan Kelas Ibu:


Kelas ibu merupakan penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil, dalam bentuk tatap muka dalam kelas yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan ibu-ibu mengenai kehamilan , persalinan dan perawatan bayi. Pendidikan kesehatan ibu dan anak diberikan kepada ibu yang lazim dilaksanakan sampai sekarang lebih banyak diberikan melalui penyuluhan melalui konsultasi perorangan atau perkasus yang diberikan pada waktu ibu datang memeriksakan kandungan atau memeriksakan bayi atau balita. Penyuluhan ini baik untuk menangani kasus per kasus dan masih memiliki beberapa kelemahan. Oleh karena itu pemerintah mempunyai program baru untuk ibu hamil yaitu kelas ibu.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan kelas ibu di wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan Lampung Selatan tahun 2007.
Subjek penelitian ini adalah kelompok kelas ibu di wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan Lampung Selatan berjumlah 11 kelompok kelas ibu. Objek penelitian ini adalah kegiatan kelas ibu. Tehnik sampel yang digunakan adalah tehnik sample jenuh.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi menggunakan alat bantu berupa check list dari 21 pertanyaan dan pengukurannya menggunakan skala nominal dengan perhitungan persentase dengan kategori baik, cukup, kurang, dan tidak baik.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 69,6% pelaksanaan kelas ibu yang dilakukan oleh 11 kelompok kelas ibu di wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan Lampung Selatan telah dilaksanakan dalam kategori cukup. Terdapat 81,8% kegiatan kelas ibu dilaksanakan dalam kategori baik, 90,9% sarana kelas ibu sudah lengkap dalam kategori baik, 37,5% pelaksana yaitu sebagai pembicara/pemberi materi hanyalah seorang bidan, sedangkan dokter umum, dokter gigi, perawat, ahli gizi, perawat gigi tidak ada. Pelaksana/pemberi materi pada pelaksanaan kelas ibu dalam kategori kurang baik.
Kesimpulan dari pelaksanaan kelas ibu di wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan Lampung Selatan secara keseluruhan sudah berlangsung dengan baik namun pembicara/pemberi materi dalam kelas ibu masih kurang tenaga kesehatan seperti dokter umum, dokter gigi, perawat, ahli gizi, perawat gigi. Pelaksanan kelas ibu di wilayah kerja Puskesmas Gedong Tataan Lampung Selatan dalam kategori cukup.

Kata Kunci : Kelas Ibu, Kegiatan

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar