feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Gambaran Faktor-faktor Penyebab Kurang Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil

Gambaran Faktor-faktor Penyebab Kurang Energi Kronis (KEK) pada Ibu Hamil:

Status gizi ibu hamil dipengaruhi oleh berbagai faktor karena pada masa kehamilan banyak terjadi perubahan pada tubuhnya yaitu adanya peningkatan metabolisme energi dan juga berbagai zat gizi diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada dalam kandungannya (Soetjiningsih,1995: 103). Berdasarkan studi pendahuluan di Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2008 angka kejadian Kurang Energi Kronis (KEK) sebesar 4,43 % dari 24.667 ibu hamil atau sejumlah 1.039 ibu hamil, untuk Puskesmas Wana Kecamatan Melinting pada bulan September tahun 2009 terdapat 8 ibu (13,79%) dari 58 ibu hamil yang mengalami Kurang Energi Kronis, dimana angka tersebut masih menunjukkan belum tercapainya target minimal yang ditetapkan untuk  Kabupaten Lampung Timur yaitu di bawah 10% (Puskesmas Wana, 2009).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran faktor-faktor penyebab Kurang Energi Kronis meliputi usia, pendapatan, paritas, dan pendidikan pada ibu hamil di Puskesmas Wana Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur Tahun 2009.
Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan populasi penelitian ini adalah ibu-ibu hamil dengan KEK sampai dengan bulan September pada tahun 2009 yang ada di wilayah kerja Puskesmas Wana Kecamatan Melinting Kabupaten Lampung Timur yang keseluruhannya dijadikan sampel yaitu sejumlah 58 orang ibu hamil. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis univariat berupa distribusi frekuensi dari tiap variabel penelitian yang dinyatakan dalam persentase.
Berdasarkan hasil pengolahan data maka diperoleh hasil bahwa gambaran faktor penyebab Kurang Energi Kronis pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Wana adalah dari faktor usia sebagian besar terjadi pada usia < 20 tahun (44,83%), dengan tingkat pendapatan keluarga yang rendah (50%), sebagian besar terjadi pada ibu dengan paritas primipara (50%), dan dengan tingkat pendidikan hanya sampai dengan pendidikan dasar (39,66%).
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa faktor penyebab Kurang Energi Kronis pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Wana dipengaruhi oleh faktor usia < 20 tahun, tingkat pendapatan rendah, paritas primipara, dan tingkat pendidikan yang hanya sampai pendidikan dasar.

Kata Kunci: Kurang Energi Kronis, ibu hamil

DAFTAR ISI
BAB I   PENDAHULUAN
B. Latar Belakang
C. Rumusan Masalah
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian
F. Ruang Lingkup

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Gizi Ibu Hamil 8
1.  Kebutuhan Gizi Ibu Hamil
2.  Kecukupan Gizi Ibu Hamil
3.  Bahaya Kekurangan Gizi
4.  Kurang Energi Kronis
5.  Pengukuran Status Gizi
6.  Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Keadaan KEK pada Ibu Hamil
B. Kerangka Teori
C. Kerangka Konsep
D. Variabel Penelitian
E. Definisi Operasional

BAB III METODE PENELITIAN
A. Desain Penelitian
B. Populasi dan Sampel Penelitian
C. Waktu dan Tempat Penelitian
D. Pengumpulan Data
E. Pengolahan dan Analisis Data

BAB IV HASIL PENELTIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1. Gambaran Umum Lokasi Penelitian
2. Deskripsi Hasil Penelitian
B. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI DI SINI >>>>>



0 komentar:

Poskan Komentar