feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Faktor Penyebab Suami Memilih Kondom dan Tidak Memilih Kondom (Analisa Kualitatif)

Faktor Penyebab Suami Memilih Kondom dan Tidak Memilih Kondom (Analisa Kualitatif):


Tahun-tahun belakangan ini, banyak program-program keluarga berencana dan kesehatan reproduksi tertarik kepada topik laki-laki. Partisipasi Pria Dalam KB Merupakan Manifestasi Kesetaraan Gender Ketidaksetaraan gender dalam bidang KB dan Kesehatan Reproduksi sangat berpengaruh pada keberhasilan program. Sebagian besar masyarakat dan provider serta penentu kebijakan masih mengganggap bahwa penggunaan kontrasepsi adalah urusan perempuan. Oleh karena itu, peserta KB pria di Indonesia masih sangat rendah yaitu masih di bawah 2 persen.
Di wilayah Propinsi Lampung saat ini pengguna kondom sangat rendah. Penggunaan kontrasepsi oleh peserta KB aktif didominasi oleh Pil 35,90%, suntik 39,08%, IUD 13,01%, Inplan 12,80%, MOP 2,85%, dan Kondom 0,34% (BKKBN, 2006). Sedangkan untuk wilayah Kota Metro pengguna alat kontrasepsi peserta KB aktif yaitu Pil 17,04%, suntik 63,79%, inplan 7,18%, IUD 8,21%, MOW 1,8% MOP 1,27%, dan kondom 0,68% (BPS, 2007).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara mendalam mengenai faktor penyebab suami memilih alat kontrasepsi kondom dan suami tidak memilih alat kontrasepsi kondom di wilayah Kec. Metro Timur tahun 2008.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan penerapan pendekatan kualitatif, subjek penelitian yaitu suami pengguna alat kontrasepsi kondom dan suami yang tidak menggunakan alkon kondom. Sedangkan objek penelitiannya adalah Faktor penyebab suami memilih alat kontrasepsi kondom dan suami tidak memilih alat kontrasepsi kondom.. Total populasi pada penelitian ini yaitu suami yang menggunakan kondom di Metro Timur yang berjumlah 23 orang dan suami yang tidak memakai kondom sebanyak 2510 orang, sedangkan sampel yang diambil adalah 4 responden dengan teknik. non probabilitas. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini terdiri dari panduan wawancara mendalam (in-depth interview guidelines). Alat lain yang digunakan adalah alat perekam (tape recorder) dan alat tulis.
Hasil penelitian serta kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi suami memilih dan tidak memilih kondom meliputi faktor pengetahuan, sikap, adat-agama, dukungan istri/keluarga, dan sikap petugas kesehatan. 

Kata Kunci : Faktor penyebab, suami, alat kontrasepsi kondom.

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar