feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Faktor penyebab ibu mengalami putting susu lecet pada awal laktasi

Faktor penyebab ibu mengalami putting susu lecet pada awal laktasi:


Pemberian air susu ibu (ASI) secara eksklusif dapat menyelamatkan lebih dari 30 ribu balita di Indonesia. Masalah yang paling sering terjadi pada ibu yang menyusui adalah puting susu yang lecet. Keadaan ini biasanya terjadi karena posisi bayi yang salah saat disusui. Bayi hanya menghisap pada puting karena sebagian besar areola tidak masuk ke dalam mulut bayi. Hal ini juga dapat terjadi pada akhir menyusui bila cara melepaskan hisapan bayi tidak benar. Dapat juga terjadi bila sering membersihkan puting dengan alkohol atau sabun. Masalah-masalah dalam proses menyusui dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain tingkat pendidikan, usia, informasi tentang perawatan payudara, dukungan keluarga, ekonomi, dan paritas ibu.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara mendalam mengenai faktor penyebab ibu mengalami putting susu lecet pada awal laktasi di Desa Sumber Sari, Tegineneng Lampung Selatan tahun 2009.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan penerapan pendekatan kualitatif, subjek penelitian yaitu ibu menyusui. Sedangkan objek penelitiannya adalah faktor penyebab ibu menyusui yang mengalami putting susu lecet pada awal laktasi. Populasi pada penelitian ini yaitu ibu yang menyusui bayinya di Desa Sumber Sari Mandah Tegineneg Kecamatan Natar Lampung Selatan yang berjumlah 77 Orang, sedangkan sampel yang diambil adalah 5 orang ibu menyusui yang mengalami putting susu lecet. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini terdiri dari panduan wawancara mendalam (in-depth interview guidelines). Alat lain yang digunakan adalah alat perekam (tape recorder) dan alat tulis.
Hasil penelitian serta kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi ibu menyusui dengan kejadian putting susu lecet pada awal laktasi meliputi faktor pengetahuan, sikap, adat-agama, dukungan istri/keluarga, dan sikap petugas kesehatan. 

Kata Kunci : Faktor penyebab, ibu, puting susu lecet.

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar