feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komplikasi Persalinan Remaja

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Komplikasi Persalinan Remaja:

Organisasi Save The Children menyatakan sekitar satu dari sepuluh bayi, dilahirkan oleh ibu remaja. Organisasi ini mengumpulkan data-data dari sekitar 100 negara dan terlihat bahwa ibu-ibu muda ini beresiko meninggal dunia saat mereka hamil atau melahirkan. Banyaknya masalah saat kehamilan dan kelahiran menjadi penyebab angka kematin remaja putri di negara-negara berkembang.
WHO memperkirakan, risiko kematian akibat kehamilan di usia 15-19 tahun dua kali lebih tinggi dibanding perempuan 20-24 tahunan. Sementara risiko pada remaja 10-14 tahun, lima kali lebih tinggi ketimbang perempuan usia 20-tahunan.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dan berhubungan erat dengan komplikasi persalinan usia remaja di Wilayah Kerja Puskesmas Sukadamai Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan sampel adalah seluruh dari jumlah populasi ibu bersalin usia remaja (15-21 tahun) yang melakukan persalinan di Puskesmas Sukadamai Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 2009 (penelitian populasi). Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan data sekunder yang ada di puskesmas Sukadamai Lampung Selatan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa umur kehamilan terbanyak yang mengalami komplikasi pada persalinannya adalah dengan umur kehamilan < 37 minggu, sebanyak 16 orang (53,33%), paritas terbanyak yang mengalami komplikasi pada persalinannya adalah dengan paritas primi, sebanyak 26 orang (86,67%), dan dengan pemeriksaan kehamilan yang tidak lengkap sebanyak 24 orang (80%).
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi komplikasi persalinan pada usia remaja di wilayah puskesmas sukadamai lampung selatan antara lain umur kehamilan < 37 minggu, paritas primipara, serta ANC yang  tidak lengkap.

Kata Kunci : Faktor Komplikasi Persalinan, Usia Remaja


DAFTAR ISI :

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Ruang Lingkup Penelitian
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Telaah Pustaka
1. Komplikasi Persalinan
2. Komplikasi Persalinan Pada Usia Remaja
3. Faktor yang Berhubungan dengan Komplikasi pada Persalinan Usia Remaja
B. Kerangka Konsep Penelitian
C. Definisi Operasional

BAB III METODELOGI PENELITIAN
A. Rancangan Penelitian
B. Populasi dan Sampel
C. Waktu dan Lokasi Penelitian
D. Pengumpulan dan Analisa Data
1.  Pengolahan Data
2.  Analisa Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Gambaran Umum Daerah Penelitian
1. Keadaan Geografi
2. Keadaan Topografi
3. Keadaan Demografi
4. Sosial Ekonomi
B. Hasil Penelitian
C. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI DI SINI >>>>>


0 komentar:

Poskan Komentar