feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Faktor-faktor yang berhubungan dengan penurunan seksual pada ibu menopause

Faktor-faktor yang berhubungan dengan penurunan seksual pada ibu menopause:


Menopause adalah berhentinya menstruasi, karena berhentinya menstruasi mempengaruhi  hanya beberapa hari dalam kehidupan seorang wanita, maka akan sangat berguna untuk memandang menopause secara lebih luas, sebagai suatu periode waktu wanita menemukan dirinya dalam perubahan. Hal ini menunjukkan periode saat terjadi perubahan sosial, fisiologis atau psikologis, fase yang dapat berlangsung beberapa bulan sampai lebih dari satu dekade. Berdasarkan data statistic tentang jumlah wanita menopause yang terhitung dari umur 35-54 tahun didapatkan jumlah sebanyak 2.474.363 orang, sedangkan jumlah di Lampung sebanyak 74.312 orang  (Profil Kesehatan Prov. Lampung, 2007). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penurunan seksual pada ibu menopause di Desa Karyamukti Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur tahun 2009.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian suvei analitik menggunakan lembar kuisioner. Pada penelitian ini jumlah populasi 110 orang ibu masa menopause di Desa Karyamukti Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur dan sampel yang digunakan 86 responden yang diambil secara accidental sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa kuisioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji statistik Chi Square.
Hasil analsia dalam penelitian ini menunjukkan bahwa untuk faktor pengetahuan diperoleh hasil bahwa p value (0.47) >α (0,05) atau tidak ada pengaruh yang signifikan, faktor perubahan fisik  p value (0.025) < α (0,05) atau ada pengaruh yang signifikan, faktor  kepercayaan p value (0.00) < α (0,05) atau ada pengaruh yang signifikan, dan untuk faktor kondisi kesehatan p value (0.00) < α (0,05) atau ada pengaruh yang signifikan.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penurunan seksual pada ibu menopause di Desa Karyamukti Kecamatan Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun 2009 adalah perubahan fisik, kepercayaan dan kondisi kesehatan, sedangkan untuk faktor pengetahuan kurang begitu berpengaruh terhadap penurunan seksual pada ibu menopause. Hasil penelitian ini diharapkan meningkatkan pengetahuan ibu meneopause tentang faktor apa saja yang mempengaruhi penurun seksual pada dirinya sehingga mereka dapat memperkecil pengaruh dari faktor tersebut.

Kata kunci: Penurunan Seksual, pengetahuan, perubahan fisik, kepercayaan, kondisi kesehatan

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




0 komentar:

Poskan Komentar