feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Vitamin A pada Ibu Nifas

Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Vitamin A pada Ibu Nifas:


Vitamin A adalah suatu vitamin yang berfungsi dalam sistem penglihatan, fungsi pembentukan kekebalan dan fungsi reproduksi yang perlu diberikan dan penting bagi ibu selama dalam masa nifas. Pedoman nasional yang ada saat ini merekomendasikan bahwa 100% ibu nifas menerima satu kapsul vitamin A dosis tinggi 200.000 SI paling lambat 30 hari setelah melahirkan. Cakupan ibu nifas yang mendapatkan vitamin A di wilayah Puskesmas Payung Rejo tahun 2009 hanya 49,24%, masih sangat rendah dibandingkan target Nasional sebesar 90%. Tidak tercapainya target dikarenakan faktor kurangnya pengetahuan ibu nifas tentang vitamin A, kurangnya dukungan dari tenaga kesehatan dan distribusi vitamin A. Hasil studi pendahuluan di wilayah puskesmas Payung Rejo, dari 10 orang ibu nifas, terdapat 80% tidak mengetahui pemberian kapsul vitamin A setelah melahirkan dan bidan tidak memberikan vitamin A pada ibu nifas sebesar 90%, karena tidak tersedianya kapsul vitamin A di puskesmas.
Tujuan penelitian untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian vitamin A pada ibu nifas di BPS Wilayah kerja Puskesmas Payung Rejo Kabupaten Lampung Tengah tahun 2010
Penelitian ini adalah jenis penelitian analitik kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu nifas di BPS wilayah Puskesmas Payung Rejo sebanyak 135 orang, yang seluruhnya menjadi sampel penelitian disebut sampel jenuh atau sampel populasi. Metoda pengumpulan data dengan angket melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proporsi pemberian vitamin A pada ibu nifas ada 49,6 %, proporsi pengetahuan ibu nifas tentang pemberian vitamin A ada 58,5% termasuk kategori pengetahuan kurang, proporsi dukungan tenaga kesehatan ada 53,3% termasuk kategori mendukung pemberian vitamin A, proporsi distribusi vitamin A ada 54,8% termasuk kategori saat diberi ada. Ada hubungan antara pengetahuan ibu nifas dengan pemberian vitamin A pada ibu nifas (p value : 0,000). Ada hubungan dukungan tenaga kesehatan dengan pemberian vitamin A pada ibu nifas (p value : 0,000). Ada hubungan distribusi vitamin A dengan pemberian vitamin A pada ibu nifas (p value : 0,000).
Kesimpulan ada hubungan antara pengetahuan ibu nifas, dukungan tenaga kesehatan, distribusi vitamin A dengan pemberian vitamin A pada ibu nifas. Saran bagi Puskesmas agar meningkatkan upaya promotif dengan penyuluhan dan meningkatkan distribusi vitamin A pada bidan dan dokter praktek.

Kata kunci : Vitamin A, Pengetahuan, Dukungan tenga Kesehatan, Distribusi, Ibu Nifas.
Daftar bacaan : 22 (2000 - 2010).

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA





0 komentar:

Poskan Komentar