feedburner
INGIN BOCORAN ARTIKEL TERBARU GRATIS
Delivered by FeedBurner

feedburner count

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil

Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Anemia pada Ibu Hamil:

Propinsi Lampung tercatat sebagai peringkat pertama di wilayah sumatera untuk jumlah penderita anemia. Tingginya kejadian anemia pada ibu hamil di Provinsi Lampung yaitu sebanyak 69,7%, angka itu lebih tinggi dari angka anemia gizi nasional yang hanya sekitar 63,3%. Di Kabupaten Lampung Timur terdapat 58,5% ibu hamil yang mengalami anemia, sedangkan khasus anemia pada ibu hamil yang tertinggi terjadi di Puskesmas Mataram Baru Penderita anemia pada ibu hamil yaitu sebanyak 30,6%.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Anemia di Wilayah Kerja Puskesmas Mataram Baru Lampung Timur Tahun 2009.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik dengan rancangan penelitian cross sectional yaitu suatu penelitian untuk mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor resiko dengan efek, dengan pendekatan observasi atau pengumpulan data sekaligus pada suatu saat (point time approach), populasi pada penelitian ini adalah ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Mataram Baru Lampung Timur Tahun 2009 sebanyak 506 orang dan sampel pada penelitian ini menggunakan metode simple random sampling dan menggunakan rumus Notoatmodjo sehingga jumlah sampelnya 223 orang.
Hasil penelitian diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan secara statistik antara umur ibu dengan kejadian anemia (nilai p= 0,00), ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan kejadian anemia (nilai p= 0,00), ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan ibu dengan kejadian anemia (nilai p= 0,00), ada hubungan yang signifikan antara tingkat ekonomi ibu dengan kejadian anemia (nilai p= 0,02), serta tidak terdapat hubungan yang signifikan antara paritas ibu dengan kejadian anemia (nilai p= 0,08). 
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bawah faktor-faktor yang mempengaruhi kejadian anemia di wilayah kerja puskesmas Mataram Baru Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2009 adalah umur, pengetahuan, pendidikan dan ekonomi. Dari kesimpulan tersebut maka disarankan bagi pihak puskesmas agar dapt meningkatkan dan memaksimalkan pelayanan kesehatan pada ibu hamil melalui penyuluhan kesehatan pemberian tablet Fe dan bila perlu dilakukan pengawasan dalam mengkonsumsi tablet Fe.

Kata Kunci: Anemia, Ibu Hamil

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
1. Tujuan Umum
2. Tujuan Khusus  
D. Manfaat Penelitian
E. Ruang Lingkup

BAB II TINJAUAN PUSTAKA 
A. Tinjauan Teoritis
B. Kerangka Teori
C. Kerangka Konsep
D. Variabel Penelitian  
E. Definisi Operasional  
F. Hipotesis

BAB III METODA PENELITIAN 
A. Rancangan Penelitian
B. Populasi dan Sampel
1. Populasi
2. Sampel
C. Lokasi Dan Waktu Penelitian
D. Pengumpulan Data
E. Pengolahan Dan Analisis Data

BAB IV  HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
1.  Gambaran Umum Lokasi Penelitian
2.  Deskripsi Data hasil Penelitian
B. Pembahasan

BAB V.  KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA 
LAMPIRAN

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI DI SINI >>>>>




0 komentar:

Poskan Komentar